Daerah

KNKT dan Pemkab Subang Bahas Solusi Agar Kecelakaan di Tanjakan Emen Tak Terulang Lagi

SUBANG – Pemkab Subang bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menggelar rapat membahas solusi agar kecelakan di Tanjakan Emen tidak terulang. Rapat dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati, Kamis (1/3/2018).

Dalam pemaparannya, KNKT menyampaikan bahwa pihaknya telah mendapat perintah untuk melakukan investigasi kecelakaan lalu lintas Bus bernomor polisi  F 7959 AA di Tanjakan Emen yang terjadi pada 10 februari 2018 lalu.

Kecelakaan tersebut menyebabkan 27 orang tewas dan belasan luka-luka. Saat ini KNKT akan mulai melakukan investigasi untuk mencari informasi terkait peristiwa kecelakaan tersebut.

“Disini KNKT bertugas mencari penyebab kecelakaan baik kecelakan di darat laut dan udara. Termasuk kecelakaan yang terjadi di Tanjakan Emen,” kata salah seorang Tim KNKT, Zulfikar.

Menurut Zulfikar, saat ini encana penanganan dalam jangka waktu dekat sudah mulai dilaksanakan oleh pemerintah yaitu merubah nama Tanjakan Emen menjadi Tanjakan Aman, serta membangun tiga titik jalur penyelamat yaitu lajur keselamatan 100 meter, lajur keselamatan 300 meter dan lajur keselamatan 600 meter.

“Sedangkan dalam jangka panjang rencana penanganan akan melakukan relokasi jalan (jalan lingkar) sepanjang 7 km,” katanya.

Pjs Bupati Subang H. Dady Iskandar dalam kesempatan itu menyampaikan kejadian di Tanjakan Emen perlu adanya pengkajian supaya tidak terjadi mitos tidak jelas yang selalu dikaitkan dengan kecelakaan disana. Padahal banyak informasi tidak benar.

“Penyebab kecelakaan itu bermacam-macam, ada yang disebabkan oleh kendaraanya, jalannya atau SDM nya. Tapi kenapa kecelakaan disana selalu dikaitkan dengan mitos yang tidak jelas. Maka dari itu ini harus dikaji lagi,” katanya.

Dalam rapat bersama KNKT tersebut terlihat dihadiri oleh PBMPR Provinsi Jabar, Akademisi UGM, Investigator KNKT, Kadishub Subang dan Kabag Infrastruktur Setda Subang.

Comments

Redaksi: KP. Sukarandeg RT 07/04 Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Jawa Barat 41252

Kontak: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - PT Indowarta Xpress Media

To Top