Daerah

KNPI Subang Apresiasi Pilkada 2018 Berjalan Kondusif

SUBANG – Seiring dengan berakhirnya masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), maka Pengurus DPD KNPI Kabuaptwn Subang leriode 2017-2020 merasa perlu mengapresiasi atas terciptanya situasi Pilkada yang kondusif.

Ketua DPD KNPI Subang Soleh Hasanudin mengatakan tidak bisa pungkiri dalam proses Pilkada, peran pemuda senantiasa terus mewarnai setiap alur dinamika yang terbangun, kmudian menjadi spirit yang ditularkan kepada masyarakat. Sehingga dapat bersama-sama ikut berpartisipasi dalam mensukseskan pesta demokrasi tahun 2018.

“Perlu diketahui bersama, ada dua prinsip yang kami terapkan didalam momentum Pilkada ini, dengan begitu antara satu degan yang lainnya menjadi simpul penguatan sekaligus upaya untuk saling menjaga marwah KNPI agar supaya tetap dalam posisi semestinya dan tidak sera merta ikut tergerus kepentingan politik praktis, antara prinsip kewajiban untuk menjaga netralitas lembaga dan keharusan secara personal untuk ikut berpartisipasi aktif dlm setiap tahapan proses Pilkada,” kata Soleh, Kamis (5/7/2018).

Maka dari itu, seperti yang sudah diketahui bersama tentang statement DPD KNPI Subang seperti yang sudah dilansir di beberapa media massa waktu lalu, mnyatakan bahwa secara tegas menyatakan lembaga KNPI Subang “Netral” dalam pilkada Subang.

“Satu hal yang mendasari keputusan tersebut, adalah begitu beragamnya warna yang ada di dalam tubuh KNPI, sehingga lebih penting mengutamakan sikap saling menghargai kemajemukan, serta mngedepankan toleransi dalam menjamin hak setiap pemuda untuk menentukan pilihan ssuai hati nuraninya,” katanya.

Berbagai upaya telah dijalankan sebgai bentuk tanggungjawab sebagai pemuda untuk terus mengawal Pilkada. Upaya yang lainpun, telah ditempuh bersama-sama dengan pihak penyelenggara serta unsur pemuda lainnya.

“Salah satu kerja kongkrit kami adalah berupaya menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menyalurkan hak pilih, terutama kepada pemilih pemula degan melakukan agenda sosialisasi ke beberapa SMA secara massif,” katanya.

Menurut Soleh, apa yang diharapkan akhirnya berbuah manis, Pilkada kabupaten Subang telah berjalan dengan lancar dan damai. Kondisi tersebut, menjadikan satu bukti bahwa masyarakat Kabupaten Subang sudah sangat faham tentang bagamana cara brdemokrasi yang baik dan benar.

“Oleh karena itu, rasa syukur kami serta ucapan terimakasih yang tak terhingga kepada seluruh masyarakat dan perangkat panitia penyelenggara serta stickholder lainya, baik dari tingkat kabupaten sampai tingkat dusun. Atas perannya dan tanggungjawabnya, yang degan tanpa lelah telah bekerja secara maksimal sebgai bentuk dedikasi tinggi untuk kemajuan Kabupaten Subang yang tercintai ini. Pun tak kalah bangganya, kami ucapkan kepada sluruh para kandidat karena seiring prosesnya telah menunjukan sikap seorang “Negarawan” dengan terus menjaga dinamisasi berpolitik antara satu dan lainnya secara santun, dari awal hingga putusan akhir,” paparnya.

Merujuk kepada kondisi objektif pasca pemilihan, Menurut Soleh langkah politik yang dijalankan masing-masing paslon sebagai upaya strategi untuk mnarik simpatik konstituen telah menemukan ritme yang harmonis sehingga potensi-potensi konflik dapat diredam dengan cepat dan akurat.

“Akhirnya kita bisa belajar tentang bagaimana pentingnya menumbuhkan rasa kepedulian untuk bersama-sama saling menjaga sebagai wujud konsisten terhadap komitmen yang dibangun bersama sebagai bentuk kesadaran berdemokrasi, siap kalah dan siap menang,” katanya.

Kesimpulannya, kondisi hari ini pasca Pilkada KNPI menganggap bukan akhir dari cita-cita brsama tapi justru menjadi titik awal untuk berkarya nyata sebagai bentuk pengejewantahan janji-janji pada masa kompetisi. Oleh sebab itu satu harapan KNPI, yaitu bagi siapapun kandidat yg belum terpilih untuk senantiasa legowo dalam menerima apapun keputusannya.

“Sekaligus kami berharap agar senantiasa berjiwa besar untuk membaur kmbali dalam membangun Subang secara gotong royong. Akhir kata, saya atas nama ketua DPD KNPI Subang mengucapkan selamat kepada calon terpilih, semoga amanah dan jujur dalam mngemban tugas, serta dapat terus bersinergis bersama pemuda sebagai satu kesatuan utuh untuk mengabdi terhadap masyarakat secara konsisten, demi terwujudnya keadilan sosial dan kesejahtraan masyarakat secara merata di Kabupatwn Subang. Pilkada bahagia,” pungkasnya.

Comments
To Top