Daerah

Pangdam III Siliwangi Sebut Hasil Program TMMD di Subang Memuaskan

SUBANG – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H, M.Tr (Han) secara resmi telah menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102 tahun 2018 di Subang.

Kegiatan TMMD yang dilaksanakan di Desa Cirangkong dan Cijambe Kecamatan Cijambe, Subang itu telah berlangsung selama 30 hari. Beragam pengerjaan fisik telah berhasil diselesaikan.

Dalam acara penutupan TMMD, Pangdam Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H, M.Tr (Han) mengaku puas dengan kerja prajurit TNI yang sudah bekerja keras bergotong royong bersama warga sejak tanggal 10 Juli.

“Secara umum memuaskan, mereka mampu menyambung dua desa yang selama ini terisolair, karena tidak adanya akses jalan. Dengan dibukanya akses jala ini akan meningkatakn perekonomian masyarakat setempat nantinya,” kata Pangdam.

Pangdam memaparkan, pesan dari kegiatan TMMD adalah semangat gotong royong dan kemanunggalan TNI bersama rakyat dalam membangun desa. “Nilai gotong royong yang utama yang bisa kita berdayakan dari masyarakat Subang umumnya, khususnya masyarakat Indonesia,” jelasnya

Lebih jauh, Pangdam memaparkan, kegiatan TMMD ini dianggap lebih efektif dibanding kegiatan lainnya. Jika kegiatan biasa dititik beratkan pada sasaran fisik, sementara TMMD menggarap fisik dan nonfisik seklaigus.

“Harapan kita, akan menebus usia bonus ya, bonus geograpi kita, kurang lebih, di tahun 2035. Diharapkan dari sekarang sudah harus menyiapkan, menyiapkan generasi muda untuk berkompetisi dengan dunia lain,” katanya.

Seperti diketahui, selama kegiatan TMMD, dari 10 Juli hingga Rabu (8/8/2018) ini sejumlah kegiatan sudah dirampungkan Satgas TMMD di bawah Komando Dandim 0605 Subang Letkol Inf FIkri Ferdian. Ada dua kegiatan yang dilakukan Tim Satgas TMMD, yakni kegiatan fisik dan nonfisik.

Untuk Kegiatan Fisik, Satgas TMMD sukses membuat akses jalan sepanjang 3,5 kilometer yang menghubungkan Desa Cirangkong dan Cijambe, Rehab Masjid, Bedah Rumah Tidak Layak Huni, Membangun Pos Kamling, Drainase dan gorong-gorong serta kegiatan lainnya.

Sementara untuk kegiatan nonfisik, diantaranya penyuluhan dari mulai soal bela negara, wirausaha, bahaya narkoba, dan lainnya. Tidak itu saja, Satgas TMMD juga menggelar bhakti sosial seperti sunatan massal, nikah massal, pasar murah, donor darah, turnamen bola volley dan lainnya.

“Termasuk sasaran non-fisik untuk menumbuhkan kekebalan dalam menghadapi isu-isu disintegrasi bangsa dan hal-hal yang mengarah kepada konflik sosial melalui berbagai penyuluhan tentang hukum, wawasan kebangsaan, kerukunan antar umat beragama, serta bahaya Narkoba dan paham-paham radikal,” kata Dandim 0605 Subang, Letkol Inf. Fikri Ferdian.

Comments
To Top