Daerah

Pekerjakan Kembali Buruh PT Cibadak Indah Sari Farm yang di-PHK!

SUBANG – Puluhan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Buruh Persatuan Kongres Aliansi Serikat Buruh indonesia (FSBP-KASBI) Subang kembali mendatangi gedung DPRD Subang, Kamis (1/3/2018).

Kedatangan mereka untuk memperjuangkan nasib buruh yang di-PHK oleh PT Cibadak Indah Sari Farm untuk dipekerjakan kembali. Aksi ini merupakan aksi kesekian kalinnya yang dilakukan massa KASBI.

“Kita akan terus memperjuangkan nasib kawan-kawan kita untuk mendapatkan haknya. Semoga aksi kali ini membuahkan hasil,” kata Sekertaris Umum KASBI Rahmat Saputra.

Seperti aksi sebelumnya, aksi kali ini KASBI meminta agar perusahaan mempekerjakan kembali para buruh yang di-PHK. Tercatat ada 10 orang buruh yang terkana PHK.

Pihaknya sudah melakukan upaya musyawarah dengan pihak perusahan sampai dinas dan DPRD. Namun sampai saat ini belum selesai juga.

Baca juga: KASBI Subang Tuding PT Cibadak Indah Sari Farm Ngeyel

Malah bukannya mempekerjakan kembali para buruh, perusahaan malah kembali melakukan PHK terhadap 25 buruh, dan membuat masalah baru dengan mendatangkan PT Anaba Indonesia, untuk melakukan pemborongan tenaga kerja.

“Seharusnya perusahaan menyelesaikan dulu permasalahan dengan buruh yang di-PHK, jangan malah membuat masalah baru,” katanya.

Puluhan massa KASBI Subang terlihat melakukan musyawarah dengan pihak perusahaan yang dimediasi oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) dan DPRD di Ruang Rapat Gedung DPRD Subang.

Terlihat hadir dalam musyawarah tersebut, Pihak Perusahaan PT. Cibadak Indah Sari Farm Subang yang diwakili oleh Leo dan Martin, serta dari Ketua dan anggota Komisi IV DPRD Subang, dan Kepala Disnakertrans Asep Nuroni.

Anggota Komisi IV DPRD Subang Dede Warman dalam kesempatan itu menegaskan agar PT. Cibadak Indah Sari Farm segera mengangkat buruhnya menjadi karyawan tetap seperti yang tertuang dalam Nota Pemeriksaan Khusus yang di Terbitkan Balai Pelayanan dan Pengawasan Ketenagakerjaan Provinsi Wilayah 2 Karawang.

Baca juga: KASBI Subang Ingatkan PT Cibadak Indah Sari Farm Jangan Lakukan PHK Sepihak!

“Kita harapkan pihak perusahaan menyelesaikan dulu permasalahan dengan buruh yang di-PHK, serta penuhi hak-hak normatifnya. Jangan malah mendatangkan PT Anaba,” katanya.

Sehingga ditegaskan Dede bahwa segela aktivitas di PT. Cibadak Indah Sari Farm yang bekerjasama dengan PT Anaba Indonesia yang diluar kendali pemerintah harus dihentikan sebelum tuntutan buruh dipenuhi.

“Kami mohon kepada peruhsan agar pelaksanaan pemborongan ditunda dulu, sampai permsalahan PHK diselesaikan dulu. Kami tidak mau rekan-rekan disini menjadi korban dari perusahaan. Terakhir dari saya mari bersama-sama apa yang menjadi hak dan kewajiban masing-masing harus diselesaikan, jangan sampai dikemudian hari ada hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya.

Dalam musyawarah yang dilakasanakan di Ruang Rapat Gedung DPRD Subang itu, pihak PT. Cibadak Indah Sari Farm belum bisa memberikan keputusan apapun.

Comments
To Top