Daerah

Pemkab Subang Bantu Ongkos Jemaah Haji Rp 800 Juta

SUBANG – Sebanyak 1.193 calon jamaah haji Kabupaten Subang berkumpul di Masjid Agung Al-Musabaqoh Subang untuk mengikuti pembukaan manasik haji massal tingkat Kabupaten Subang tahun 1439 H yang dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Subang H. Ating Rusnatin, Senin (9/7/2018).

Kepala Kemenag Kabupaten Subang H. Abdurahim mengatakan bahwa kegiatan manasik massal adalah salah satu implementasi tentang penyelenggaraan ibadah haji untuk memberikan pembinaan, pelayanan dan sekaligus melindungi ibadah haji.

“Pelaksanaan bimbingan manasik haji massal salah satu bentuk kewajiban pemerintah dalam rangka pembinaan kepada calon jamaah haji,” kata H. Abdurahim.

Bimbingan manasik haji akan dilaksanakan selama 2 hari mulai hari Senin sampai Selasa (9-10 Juli 2018). Untuk hari pertama pembukaan dan pemberian arahan dan materi teori dari beberapa sumber.

“Dan untuk hari kedua merupakan kegiatan praktek yang akan dilaksanakan di kantor Kemenag Subang, MAN Subang dan Islamic Center Subang,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Pemda Subang memberikan bantuan sebesar Rp. 800 Juta untuk kegiatan keberangkatan dan pemulangan para jamaah haji. Akomodasi kendaraan, konsumsi dan honor pendamping pemberangkatan dan pemulangan semua ditanggung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Subang. “Iya, Alhamdulillah kita juga dapat bantuan dari Pemkab,” katanya.

Wakil Bupati Subang H. Ating Rusnatim mengatakan pelaksanaan kegiatan bimbingan manasik haji ini sangat bermanfaat bagi calon jamaah haji yaitu untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan syariat islam serta proses perjalanan haji.

“Agar bisa beribadah haji dengan sebaik-baiknya dan menjadi haji mabrur, disamping harus ikhlas kita harus memiliki ilmu yang cukup seputar bagaimana menjalankan ibadah haji sesuai dengan tuntunan Nabi, oleh karena itu ibadah haji harus dipersiapkan dengan matang,” kata Ating.

Salah satu persiapan tersebut yaitu dengan kegiatan bimbingan manasik agar cukup bekal pengetahuan tentang ibadah haji dan para calon jamaah haji dapat salingmengenal dan mengakrabkan diri satu dengan yang lain.

“Diharapkan dengan mengikuti manasik haji tahun ini agar benar-benar menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya, karena mansik haji ini dilaksanakan dengan tujuan agar para jamaah nantinya lebih siap dan mandiri dalam melaksananakan ibadah haji dan memperoleh haji mabrur sepulang dari tanah suci,” pungkasnya.

Comments
To Top