Daerah

Potret Kemeriahan Harmoni Indonesia 2018 di Purwakarta

PURWAKARTA – Ribuan Warga dan Unsur Muspida Kabupaten Purwakarta, Minggu (5/8/2018), semarakan giat Harmoni Indonesia 2018, yang diselenggarakan di area Taman Sri Baduga Situ Buleud Jalan Siliwangi Kabupaten Purwakarta.

Kegiatan event Harmoni Indonesia 2018 ini dilaksanakan tidak hanya di Kabupaten Purwakarta, Tetapi diselenggarakan secara Nasional.

Hal tersebut, adalah bagian dari merajut kebangsaan dan memperkokoh Kembali Persatuan Bangsa, untuk memaknai dan menyemarakan Kemerdekaan RI Ke-73 dan Mendukung, Menyemangati Penyelenggaraan serta Kesuksesan Asian Games 2018.

Hadir pada Pelaksanaan tersebut, Penjabat Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purwakarta Mokh Irsyad Nasution, Ketua MUI Kabupaten Purwakarta KH John Dien, Dandim 0619/Pwk Letkol Inf Ari Maulana, Kapolres Purwakarta AKBP Twedi AB, ASN Kabupaten Purwakarta, Anggota Kodim 0619/pwk, Jajaran PJU Polres Purwakarta, Para Pelajar, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama Kabupaten Purwakarta.

Dalam sambutannya Penjabat Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purwakarta Irsyad Nasution mengatakan, sebagai warga negara wajib memiliki rasa cinta tanah air dan berhak mengikuti segala aktivitas kenegaraan. Indonesia adalah negeri yang terkenal dengan keanekaragaman. Terdapat ratusan bahkan kebih suku bangsa yang ada di muka bumi indonesia.

“Kami, bagian dari komponen bangsa, tentunya kita tidak menghendaki terjadinya perpecahan dalam diri bangsa dan negara indonesia. Karena Kemerdekaan yang telah diraih oleh bangsa ini merupakan hasil dari semangat persatuan dan kesatuan yang tinggi yang di amanahkan oleh para pendiri bangsa untuk terus dilestarikan,” ujarnya.

Dijelaskannya, bahwa di Event Harmoni Indonesia 2018, sangat perlu bagi kita untuk kembali pada amanat semboyan Bhineka Tunggal Ika, yakni memahami dan menghayati kandungan makna didalamnya, sehingga terbit sebuah kesadaran untuk mengamalkan maknanya dalam kehidupan sehari hari.

“Jadi kita sebagai orangtua seyogianya dapat memotivasi rasa nasionalisme dan patriotisme kepada para pelajar dan generasi muda yang kelak pasti akan menerima tongkat estafet untuk kelangsungan hidup bangsa dan negara ini,” Jelas Irsyad.

Kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa akan terwujud dari adanya persatauan dan kesatuan dalam masyarakat.

Mari jadikan harmonisasi indonesia tahun 2018 ini, sebagai momentum untuk reaktualisasi nilai bhinneka tunggal ika dalam tiap tiap individu sebagi bagian terkecil dari komponen bangsa ini.

“Demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia dan demi tanggungjawab terhadap amanah amanah yang dititipkan oleh para leluhur. Bahwa, perbedaan bukan alasan, bagi kita untuk terpecah belah,” pungkas Pj Sekda Purwakarta Mokh Irsyad Nasution dihadapan peserta Giat Harmoni Indonesia 2018.

Comments
To Top