Daerah

Purwakarta Launching Layanan Kedaruratan 112

PURWAKARTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta launching layanan kedaruratan 112. Layanan tersebut untuk memudahkan masyarakat akan kebutuhan yang bersifat darurat (emergency)

Menurut Kepala Dinas Kominfo Purwakarta, Suhandi menuturkan launching layanan kedaruratan 112 itu, bagian dari peningkatan aplikasi layanan pengaduan berbasis aplikasi, Ogan Lopian.

“Call Center 112 Ogan Lopian, bagian peningkatan dari akses sebelumnya yang sudah kita miliki,” ujar Suhandi disela Launching Call Center 112. Kamis (9/8/2018) di Bale Yudhistira Purwakarta.

Adanya layanan call center 112, masyarakat tidak harus mengingat beberapa nomor seperti yang selama ini dilakukan. Layanan kedaruratan 112 merupakan nomor tunggal panggilan darurat (emergency call center) yang dapat menerima maupun mengirimkan permintaan pertolongan dari masyarakat.

“Kedepan satu nomor, masyarakat yang membutuhkan tinggal menghubungi dan operator langsung meneruskan,” ujar dia.

Sedangkan menurut Penjabat Bupati Purwakarta, M. Taufik Budi Santoso, mengungkapkan pelayanan call center 112 bagian ikhtiar Pemkab dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Yang membutuhkan Ambulance, Damkar ataupun kedaruratan lainnya bisa menghubungi nomor tersebut, sehingga cepat dan mudah,” ujarnya.

Taufik menambahkan, masyarakat bisa memanfaatan pelayanan call center 112, sedangkan Purwakarta sendiri menjadi daerah ke 19 di Indonesia yang memiliki layanan tersebut.

“Bisa dimanfaatkan dengan baik, dan Purwakarta menjadi daerah ke 19 di Indonesia yang memiliki layanan ini,” tuturnya.

Sementara menurut Direktur Utama PT. Telkom Indonesia Metra Otong Iip, menambahkan, call center ini serupa dengan pola pelayanan 911 di Amerika dimana seluruh pelayanan cukup satu akses.

“Kalau Amerika 911 kalau dikita 112, jadi masyarakat butuh pelayanan bisa langsung menghubungi,” ungkapnya.

Selain itu kerja sama tersebut bagian dari pengembangan program smart city di daerah. “Kedepan akan tingkatkan membangun kerja sama dengan Purwakarta lebih maju lagi dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut, selain melaunching call center 112 dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Pemkab Purwakarta dengan PT. Telkom termasuk uji coba yang dilakukan oleh PJ. Bupati.

Comments
To Top