Daerah

Raja Galuh Pakuan Siap Bekingi Warga Miskin Cirebon yang Terancam Digusur Paksa

SUBANG – Informasi adanya penyerobotan lahan oleh pihak swasta yang mengatasnamakan Djarum di desa Citemu Kecamatan Mundu kabupaten Cirebon, Jawa Barat didengar oleh Raja LAK Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi.

Setelah mendapatkan informasi awal, Galuh Pakuan langsung mengerahkan pasukan yang berada di Cirebon untuk mengecek kebenaran informasi tersebut, dan setelah dilakukan pengecekan ternyata memang benar ada sejumlah masyarakat miskin yang membuthkan pertolongan.

“Lahan tempat mereka mencari nafkah mau diserobot. Mereka itu pribumi miskin, dan sekarang mau ditindas. Maka dari itu kita siap kerahkan pasukan untuk membekingi mereka,” kata Evi Silviadi kepada Mediajabar.com, Sabtu (21/10/2017).

Evi menegaskan, jika Keraton kasepuhan Cirebon Sultan Sepuh Arief Natadiningrat tidak bisa membantu warganya yang sedang mendapat perlakuakan diskriminatif dari pemerintah dan pihak swasta disana, Galuh Pakuan dai Subang yang akan turun membantu mereka sampai titik darah penghabisan.

?Disanakan ada Keraton kasepuhan Cirebon, jika tidak bisa bantu minggir. Kita dari Galuh Pakuan yang akan maju dan melindungi mereka,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, ratusan masyarakat desa Citemu Kecamatan Mundu kabupaten Cirebon, Jawa Barat yang mengantungkan hidupnya sebagai petani tambak ikan bandeng dan udang paname terancam kehilangan mata pencahariannya.

Tempat mereka mencari nafkah dalam waktu dekat ini akan segera digusur oleh pihak swasta atas nama Djarum yang menyatakan sudah membeli seluruh tanah yang sekarang ditempati masyarakat desa Citemu sejak puluhan tahun itu.

Pihak Djarum diketahui telah memiliki beberapa sertifikat atas kepemilikan tanah di pesisir desa Citemu itu, padahal tanah seluas 18 hektar yang sudah ditempti masyarakat puluhan tahun itu merupakan tanah milik negara.

Comments

Redaksi: KP. Sukarandeg RT 07/04 Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Jawa Barat 41252

Kontak: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - PT Indowarta Xpress Media

To Top