Daerah

Sebar Berita Hoax, KPU Segera Laporkan Koran Lokal ke Dewan Pers

SUBANG – Munculnya pemberitaan yang tendensius dan menyudutkan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang dari salah satu koran harian lokal Karawang Bekasi Ekspres mendapat reaksi serius dari lembaga KPU.

Ketua KPU Subang Maman Suparman mengatakan bahwa pemberitaan disalah satu koran dengan judul “Imas Ngoceh di KPK: Ada Aliran Duit ke Panwaslu dan KPUD” yang terbit pada 20 Februari 2018.

“Kami adalah lembaga pemerintah yang betul-betul ingin menjaga semangat dan marwah KPU. Kami menjunjung tinggi visi dan misi KPU RI untuk memilki kredibilitas tinggi sebagai lembaga yang melakukan kegiatan program Pilkada,” kata Maman Suparman dalam konferensi pers yang dilaksanakan KPU Subang, Rabu (21/2/2018).

Serakah melakukan pengkajian beresan seluruh pihak, KPU Subang sepakat untuk memberikan keterangan resmi terkait pemberitaan yang tidak benar tersebut.

“Pertama kami akan surati dulu redaksi koran itu, lalu kalau tidak ada tanggapan kita laporkan ke dewan pers dan pihak kepolisian, karena sudah ada unsur pencemaran nama baik,” kata Maman.

Sebagai lembaga yang memiliki integritas tinggi, KPU sangat menjunjung tinggi kerja wartawan sebagai kontrol sosial. Namun dengan munculnya pemberitaan ini, KPU merasa harus melakukan klasifikasi.

“Ini bukan yang pertama, makanya kami harus mengklarifikasi dan menyampaikan kepada publik bahwa itu tidak benar,” katanya.

Maman mengatakan, dunia pers dan lembaga KPU itu bagaikan sisi mata uang. Tanpa media proses demokrasi tidak akan berjalan dengan baik, begitu pun media tanpa KPU, tentunya tidak akan mendapatkan update terbaru terkait Pilkada.

“Kita sangat menghargai kerja pers, tentunya yang profesional. Bahwa pemberitaan itu harus berimbang dengan sumber yang jelas,” tegasnya.

konferensi pers yang dilaksanakan KPU Subang dihadiri sejumlah media cetak dan online. Sedang dari pihak KPU dipimpin langsung oleh Ketua Maman Suparman dengan didampingi dua komisioner KPU lainnya yakni Hari Nazarudin dan Rokib El-Fariz.

Comments

Redaksi: KP. Sukarandeg RT 07/04 Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Jawa Barat 41252

Kontak: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - PT Indowarta Xpress Media

To Top