Daerah

Selamat Datang Bapak TNI di Desa Kami

Cuaca pagi ini cukup menyengat, sehingga membuat keringat bercucuran. Untuk menghidari panas yang terasa membakar sampai ketulang, banyak orang terlihat berbondong-bondong untuk mencari tempat yang teduh.

Namun tidak bagi peserta upacara yang sudah sejak pagi berkumpul di Lapangan Desa Cirangkong Kecamatan Cijambe, Subang. Mereka tetap berdiri kokoh menunggu sang komandan memberikan perintah.

Sekitar pukul 10.00 WIB upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 Tahun 2018 dimulai, para peserta upacara dari unsur TNI/Polri, pelajar dan mahasiswa, serta perwakilan dari berbagai elemen masyarakat sudah terlihat berbaris sangat rapih.

Sedangkan dibarisan kursi kerhormatan terlihat Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurcahyanto, Danrem 063/Sunan Gunung Djati Kolonel Arm Maryudi, Aster/Asrendam III/Siliwangi, Wakil Bupati H. Ating Rusnatim, Sekda H. Abdurakhman, Dandim 0605/Subang Letkol Inf Fikri Ferdian, beserta jajaran, dan Unsur Muspida lainnya.

Selain itu, terlihat hadir pula para Dandim di lingkungan Korem 063/Sunan Gunung Djati, para Asda/Kepala SKPD Subang, para camat dan kepala desa, dan ketua Persit KCK Kodim 0605 Subang beserta jajaran, serta unsur lainnya.

Upacara dilaksanakan setelah sebelumnya dilaksanakan penyambutan para petinggi TNI dan Muspida Subang oleh kesenian khas Lengser. Mereka disambut meriah dengan disaksikan ratusan masyarakat yang sejak pagi berbondong-bondong mendatangi Lapangan Desa Cirangkong.

“Ada gegeden pada datang. Kita ingin lihat,” kata salah seorang warga Desa Cirangkong Ade Rahmat saat ditemui disela-sela upacara pembukaan TMMD ke-102 Tahun 2018, Selasa (10/7/2018).

Ade bersama warga lainnya terlihat serius menyaksikan upacara pembukaan TMMD disalah satu pojok Lapang Desa Cirangkong yang cukup luas itu. “Ada beragam atraksi, yang menarik ada terjur payung. Deg-degan lihatnya.,’ katanya.

Memang setelah upacara pembukaan TMMD ke-102 Tahun 2018 usai dan laporan kegiatan TMMD yang akan dilaksanakan selama 30 hari itu dibacakan oleh Dandim 0605 Subang Letkol Inf Fikri Ferdian itu selesai dibacakan, kegiatan dilanjutkan dengan menampilkan berbagai atraksi.

Sejumlah atraksi yang ditunjukan dan membuat masyarakat serta para tamu udangan yang hadir terpukau diantaranya atraksi pentas dari polisi cilik dan ditutup dengan aksi terjun payung dari penerjun TNI AU Lanud Surya Dharma Kalijati.

“Iya, kita ucapkan selamat datang bapak TNI di desa kami,” kata warga Desa Cirangkong lainnya Dudi Iskandar.

Setelah pertujukan terjun payung usai, para petinggi TNI dan pejabat Subang yang hadir tidak langsung membubarkan diri, mereka langsung meninjau satu demi satu stand yang sudah disiapkan, dari mulai stand kesehatan sampai stand milik BUMD.

Ada yang menarik, saat berkeliling melihat beberapa stand, rombongan terlihat berhenti lama disalah satu stand kesehatan, ternyata disana sedang dilaksanakan sunatan massal gratis. Tangisan anak yang disunat mewarnai kegiatan itu.

Bupati Subang H. Ating Rusnatim yang membuka upacara kegiatan TMMD ke-102 Tahun 2018 yang bertemakan “Manunggal Membangun Karakter Generasi Milenial” mengatakan kegiatan TMMD ini selalu menunjukan hasil yang sangat memuaskan dari tahun ke tahun.

“Salah satunya dari pembangunan prasarana/sarana fisik dan non fisik, juga mendorong perkembangan desa secara umum,” kata Ating.

Karena itu, Pemkab Subang sangat mendukung kegiatan TMMD untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pihaknya berharap, kegiatan ini dapat membangkitkan motivasi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran warga, dalam rangka memanfaatkan berbagai potensi dan sumberdaya yang dimiliki.

“Kita berharap, sarana prasarana yang telah dibangun TNI melalui kegiatan TMMD ini terus dijaga, terus dipelihara, sehingga dapat dinikmati masyarakat dalam jangka waktu lama,” katanya.

Dandim 0605 Subang, Letkol Inf Fikri Ferdian mengatakan, bahwa kegiatan TMMD  akan dilaksanakan selama 30 hari dari tanggal 10 Juli-8 Agustus 2018. Kegiatan TMMD diadakan di Desa Cirangkong dan Desa Cijambe.

Untuk sasaran kegiatan TMMD ke-102 meliputi pembangunan fisik berupa rehab 10 unit rumah tidak layak huni, rehab pos kamling 4 unit, tambahan pellaburan rumah ibadah sebanyak 4 unit.

“Serta sasaran non fisik, yakni Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA), pembuatan e-KTP dan Akte Kelahiran, penyuluhan Bela Negara, KB dan Kesehatan/HIV, sadar hukum, serta bahaya narkoba,” kata Dandim.

Setelah upacara pembukaan TMMD dilaksanakan, anggota TNI bersiap berbaur dengan masyarakat. Mereka akan tinggal di rumah warga. “Kita berbaur dengan masyarakat. Dalam TMMD tahun ini kita juga akan melakukan pengerasan jalan sepanjang 3,5 kilometer yang menghubungkan Desa Cirangkong dan Cijambe,” pungkasnya.

Comments
To Top