Daerah

Situ Saeur Sukamelang Tetap Kotor

SUBANG – Dalam rangka memperingati HUT RI ke-73 Pemkab Subang menggelar kerja bakti masal normalisasi situ Sukamelang yang berada di Kelurahan Sukamelang, Subang, Selasa (7/8/2018).

Kegiatan kerja bakti masal langsung dibuka oleh Plt. Bupati Subang H. Ating Rusnatim. Selanjutnya ribuan orang dari unsur TNI/Polri, OPD, Muspika Kecamatan Subang, dan masyarakat umum, serta pelajar.

Plt. Bupati Subang H. Ating Rusnatim menyampaikan bahwa pelaksanaan normalisasi penataan situ Saeur Sukamelang merupakan suatu kegiatan karya bakti yang sangat bermanfaat bagi pemerintah daerah, khususnya wilayah sekitar situ.

“Keberadaan dan kondisi situ berpengaruh positif maupun negatif bagi lingkungan sekitar tergantung pada kesadarnan masyarakat dan penangannya,” kata Ating.

Maka dari itu, demi mengantisipasi musibah yang tidak diharapkan seperti banjir yang pernah terjadi karena luapan air sungai Cigadung dikala musim hujan terjadi maka dilaksanakanlah kegiatan ini.

“Saya berharap bagi warga masyarakat bisa memanfaatkan peluang dan kesempatan untuk melakukan pengembangan atas potensi dari situ Sukamelang bagi peningkatan taraf perekonomian masyarakat dengan mengembangkan obyek wisata air juga kegiatan ekonomi lainnya. Saya yakin kalau situ bersih dan jernih bisa menjadi obyek wisata yang terintegrasi,” paparnya.

Melalui kegiatan karya bakti ini, Ating berharap para peserta karya bakti yang merupakan masyarakat dapat bersinergi dengan pihak-pihak terkait lainnya, dan dapat melaksanakan kegiatan ini dengan baik dan lancar sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

Dari pantauan, walaupun sudah beberapa kali dilakukan normalisasi dan dibersihkan, kondisi situ Saeur Sukamelang tetap dalam kondisi kotor. Banyak sampah plastik dan eceng gondok yang menutupi situ.

Selain menggunakan alat sedadanya, dalam kerja bakti membersihkan situ itu dilakukan juga menggunakan alat berat untuk mengeruk sampah yang menggunung dari situ Saeur Sukamelang.

Acara juga dihadiri oleh Unsur Forkopimda, Sekda Kabupaten Subang, Asda I, III, para kepala OPD se-Kabupaten Subang, Camat se-Kabupaten Subang, para lurah, unsur TNI/Polri, PJT Perum Jasa Tirta, dan para pimpinan BUMN/BUMD.

Comments
To Top