Daerah

TKI Asal Subang Meninggal di Kuwait

SUBANG – Duka kembali datang menimpa Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Subang. Otin (35) Binti Suminta Abdalah warga Dusun/Desa Kebondanas RT 06/02 Kecamatan Pusakajaya, Subang. dikabarkan meninggal dunia di Kuwait.

Kasi Penempatan dan Pembinaan Tenga Kerja Disnakertrans Kabupaten Subang H. Indra Suparman, SH mengungkapkan, kabar duka kembali menyelimuti TKI asal Subang sekaligus menambah daftar panjang TKI asal Subang yang meninggal dunia di luar negeri.

“Berdasarkan surat keterangan dari Kedutaan Besar Indonesia di Kuwait, menyebutkan ada salah seorang TKI asal Kabupaten Subang, bernama Otin Binti Suminta Abdalah dikabarkan meninggal dunia di Kuwait pada selasa (15/5/2018),” kata Indra Suparman, Senin (21/5/2018).

Menurut Indra, Otin dikabarkan meninggal dunia disalah satu rumah sakit di Kuwait saat dalam perawatan tim medis, setelah beberapa hari mengalami sakit.

“Otin mengalami sakit, hingga harus dirawat beberapa hari di salah satu rumah sakit, namun sayang nyawanya tak tertolong,” katanya.

Indra juga menjelaskan bahwa Otin merupakan TKI Ilegal, karena tak terdata namanya di Disnakertrans Subang. “Nama Otin tidak terdata sebagai TKI Disnakertrans Kabupaten Subang, berarti dia pergi secara Ilegal ke Kuwait dan kita juga belum mengetahui kapan Otin berangkat ke Kuwait dan sudah berapa lama Otin bekerja di Kuwait,” jelas Indra.

Dari pasport nya tercatat baru diperpanjang tahun 2017 kemarin, pihaknya tidak mengetahui Otin berangkat ke Kuwait lewat PJTKI mana, karena tidak ada data satupun mengenai Otin di Disnakertrans Subang.

“Lagi pula seperti kita ketahui bersama sejak tahun 2015 lalu, Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan moratoriun pekerja asisten rumah tangga (ART) ke Timur Tengah. Kebijakan itu dikeluarkan sebagai perlindungan TKI sekaligus mendorong penempatannya pada sektor formal,” imbuhnya

Pada Senin ekitar pukul 16.30 WIB tadi jenazah Otin sudah tiba di bandara Soekarno Hatta, setelah diterbangkan dari Kuwait Hari Minggu pagi kemarin. Diperkirakan Jenazah Otin tiba di Rumah duka Desa Kebondanas Kecamatan Pusakajaya sekitar pukul 22.00 WIB.

Kasus kematian Otin semakin menambah panjang deretan duka TKI asal Kabupaten Subang yang meninggal di luar negeri.Tercatat selama tahun 2018 hingga bulan Mei ini sudah 10 orang TKI asal Kabupaten Subang meninggal dunia di luar negeri.

Comments
To Top