Daerah

Tukang Becak di Subang Minta Dibuatkan Koperasi ke Bang Ara

SUBANG – Puluhan tukang becak yang berada di Kabupaten Subang mengeluh kepada Anggota DPR RI Maruarar Sirait soal penghasilan mereka yang kian menurun dengan adanya tranportasi online.

Keluhan tukang beca itu disampaikan kepada Maruarar Sirait atau yang akrab disama Bang Ara di Halaman Kantor Kelurahan Karanganyar, Subang dalam kegiatan Reses bang Ara, Minggu (13/5/2018).

“Iya, kita ngadu ke Bang Ara, minta solusi untuk kedepan, karena dengan adanya ojek online ini kami merasa tersingkirkan. Sekarang penghasilan kami berkurang,” kata salah satu tukang becak Asep (40).

Menurut Asep jika tidak ada solusi dari pemerintah, para tukang becak tentunya akan menjadi korban. Padahal selama ini dirinya dan puluhan tukang becak lainnya menggantungkan hidup hanya dengan mengandalkan becak.

“Kami sudah sampaikan keluahan kami, semoga kedepan ada solusi. Kita juga minta dibuatkan koperasi, dan Bang Ara katanya mau membuatkannya, ini tentunya akan membuat kami ada masa depan,” katanya.

Bang Ara dalam kesempatan itu mengatakan sudah mendengar semua keluhan dan aspirasi masyarakat dari para tukang becak. Ada sekitar 50 tukang becak yang ingin dibuatkan koperasi.

“Saya bilang kperasi itu harus ada pengurus dan pengawasnya. Mereka siap, tentunya koerasi sebagai soko guru Indonesia itu harus djalanan dan itu kewajiban saya sebagai anggota DPR RI untuk membantu. Mereka menyatakan suadah siap, maka saya bantu,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Ara memberikan bantuan Rp 20 juta untuk pembuatan koperasi tukang becak. Setelah dibantu, Ara berharap para tukang becak ini bisa menjalankan koperasinya dengan baik.

“Saya bantu Rp 20 juta sebagai modal koperasi itu. Namanya koperasi harus ada iuaran anggota dan tadi kita telah sepakat, masing-masing anggota Rp 5.000. Tentunya itu tidak berat,” katanya.

Adapun soal keluhan adanya ojek online yang membuat para tukang becak kehilang penumpannya, Bang Ara akan berkomunikasi dengan pemangku kepentingan di Subang.

“Kalau masalah transportasi online inikan ada dikebijakan, jadi harus berkonsultasi dulu dengan pak bupati. Nanti saya akan sampaikan,” katanya.

Selain betemu tukang becak, dalam melakukan Reres di Subang, Bang Ara juga menghadiri acara Gelar Gempung Tarung yang dilaksanakan TMP dan Sanggar Soca Niskala Sunda atau lebih dikenal Sanggar Nay Sunda di Lapangan Dolog, Subang, serta kegiatan lainnya.

Comments

Redaksi: KP. Sukarandeg RT 07/04 Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Jawa Barat 41252

Kontak: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - PT Indowarta Xpress Media

To Top