Hukum

KPK Gadungan Kena OTT Saat Peras Pejabat di Subang

SUBANG – Pasca Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Bupati Subang non aktif Imas Aryumningsih ternyata banyak pihak yang memanfaatkan situasi. Salah satunya dengan mengaku sebagi petugas KPK untuk menakut-nakuti para pejabat.

Seperti halnya yang dilakukan tiga petugas KPK gadungan yang melakukan aksi pemerasan terhadap pejabat di Dinas Tata Ruang dan Kebersihan (Distarkimsih) kabupaten Subang.

Namun, sebelum petugas KPK gadungan itu melakukan pemerasan, ketiga tersangka keburu terjaring OTT oleh Tim Saber Pungli Polres Subang. KPK gadungan itu langsung diamankan dengan sejumlah batang bukti uang tunai dan Kartu Tanda Anggota (KTA).

“Iya, berawal dari adanya laporan informasi terkait adanya oknum yang mengatasnamakan sebagai KPK dan meminta sejumlah uang. Lalu kita langsung selidiki,” kata Kapolres Subang AKBP Muhammad Joni dalam konferensi pers di Mapolres Subang, Rabu (7/3/2018).

Setelah melakukan investigasi, Tim Saber Pungli Polres Subang aksinya berhasil OTT terhadap tiga KPK gadungan. Pelaku telah melakukan pemungutan uang kepada kepala Distarkimsih Subang sebesar Rp 5.000.000.

“Pelaku yang berhasil kita tangkap berjumlah tiga orang. Dua orang pelaku berinisial JS dan GRA yang tertangkap tangan mengaku sebagai anggota Komisioner KPK bagian Investigasi dan satu orang masyarakat berinisial DD yang memfasilitasi komunikasi kepada kepala dinas,” katanya.

Para tersangka ditangkap disalah satu rumah makan yang berada di Kelurahan Sukamelang, Subang saat akan melakukan transaksi pada 7 Maret 2017 sekitar pukul 13.00 WIB, dengan barang bukti yang Rp. 5.000.000 dan sejumlah ponsel, serta KTA salah satu oraganisasi.

“Pasal yang disangkakan para pelaku melanggar pasal 368 KUH Pidana,” pungkas Kapolres.

Comments

Redaksi: KP. Sukarandeg RT 07/04 Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Jawa Barat 41252

Kontak: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - PT Indowarta Xpress Media

To Top