Hukum

Polres Subang Tangkap Tiga Pelaku Pengedar Uang Palsu

SUBANG – Jajaran Reskrim Polres Subang berhasil menangkap tiga pelaku pengedar uang palasu saat melakukan transaksi disebuah warung pelelangan ikan di Kecamatan Blanakan, Subang.

Ketiga pelaku yang ditangkap masing-masing berinisial M, R dan N. Dari tangan para pelaku polisi berhasil menyita uang palsu senilai Rp 9 juta.

“Penangkapan dilakukan ketika salah satu pelaku berinisial M melakukan transaksi di sebuah warung pelelangan ikan,” kata Kapolres Subang AKBP Muhammad Joni didampingi Kasat Reskrim AKP Mochammad Ilyas Rustiandi, Rabu (3/1/2018).

Kapolres mengatakan, awalnya pedagang disalah satu warung pelelangan ikan curiga terhadap pelaku M saat berbelanja menggunakan uang palsu pecahan Rp 100 ribu di warung miliknya.

Setelah diteliti oleh pemilik warung ternyata uang yang dibelanjakan pelaku ternyata palsu, dan pemilik warung kemudian melapor ke Polsek Blanakan, kemudian Polsek Blanakan berkoordinasi dengan Satreskrim Polres Subang, untuk melakukan penangkapan kepada pelaku M.

“Ini berkat laporan dari masyarakat pemilik warung, yang menjadi korban uang palsu tersebut, kemudian kita merespons laporan masyarakat tersebut dengan cepat, melakukan penangkapan terhadap pelaku M tersebut,” katanya.

Setelah dilakukan penangkapan terhadap pelaku M, ternyata tersangka mendapatkan uang palsu dari pamannya yang berininsial R dan N, kemudian Polisi mengejar dan mengamankan tersangka R dan N di rumahnya, sekaligus dilakukan penggeledahan, dari hasil penggeledahan tersebut, Polisi berhasil menyita uang palsu berjumlah Rp 9 juta.

Menurut Kapolres kasus uang palsu di Subang ini, merupakan sindikat keluarga, karena para pelaku merupakan anak, ayah angkat dan paman, sedangkan sampai saat ini pihaknya juga masih mengembangkan dan melakukan pengejaran terhadap pelaku lainnya, baik itu yang membuat atau yang mencetak upal tersebut.

“Dari semua keterangan tersangka M, kami kembangkan ternyata uang palsu itu berasal dari paman dan ayah angkatnya, yang berinisial R dan N, setelah dilakukan penangkapan terhadap keduanya, kami berhasil menyita upal sejumlah Rp 9 juta dari kedua pelaku,” katanya.

Kapolres mengatakan, untuk para pelaku dijerat dengan pasal 36 ayat 2 dan 3 Undang-undang nomor 1 tahun 2011 tentang mata uang.

Comments

Redaksi: KP. Sukarandeg RT 07/04 Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Jawa Barat 41252

Kontak: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - PT Indowarta Xpress Media

To Top