Nasional

Dana Tahap Awal Pembangunan Pelabuhan Patimban Cair Maret 2018

JAKARTA – Pembangunan pelabuhan internasonal Patimban akan segera dimulai. Untuk dana pinjaman dari Japan International Cooperation Agency (JICA) sendiri dipastikan akan cair pada bulan Maret 2018.

Dana untuk pembangunan pelabuhan Patimban fase I tahap I itu nantinya akan dikucurkan secara bertahap selama dua tahun dengan total Rp 14,2 Triliun.

Direktur Kepelabuhanan, Direktorat Jenderal Pelabuhan Laut, Kementerian Perhubungan, Chandra Irawan mengatakan, pinjaman yang segera cair adalah untuk pekerjaan fase I Pelabuhan Patimban.

“Pembangunannya nanti dilakukan secara bertahap,” kata Chandra usai rapat dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta seperti dikutip dari laman Bisnis.com, Jumat (12/1/2018).

Chandra juga mengatakan, operator pelabuhan ini baru ditunjuk paling lambat April 2018 mendatang. Saat ini, menurutnya, pembicaraan soal operator dan skema pengoperasian pelabuhan telah memasuki tahap akhir. “Maret juga akan ditunjuk kontraktor pelabuhan,” kata dia.

Chandra juga menjelaskan, pembangunan pelabuhan fase I tahap I ditargetkan selesai tahun 2020. Nantinya, pelabuhan akan memiliki carport yang dapat menampung 200 ribu mobil.

Selain itu pelabuhan ini juga memiliki panjang dermaga 300 meter. “Nantinya sampai tahap terakhir bisa menampung 600 ribu mobil,” ujar Chandra.

Sedangkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, operator pelabuhan akan ditentukan melalui proses lelang. Di mana, pesertanya terdiri dari kosorsium Indonesia dengan Jepang. “Indonesia sebagai mayoritas,” ujarnya.

Comments

Redaksi: KP. Sukarandeg RT 07/04 Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Jawa Barat 41252

Kontak: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - PT Indowarta Xpress Media

To Top