Nasional

Ini Besaran THR PNS, TNI dan Polri Lebaran Tahun 2018

JAKARTA – Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi salah satu topik yang hangat diperbincangkan, mengingat sebantar lagi akan memasuki lebaran. Untuk menentukan besaran THR lebaran 2018 tersebut pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP).

PP yang sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo itu, telah disepakati bahwa THR dan gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil akan segera mendapatkan hak mereka sesuai ketentuan. Selain PNS, THR lebatan 2018 akan diberikan pemerintah kepada TNI, dan Polri aktif.

Bahkan, untuk tahun ini Jokowi mengatakan untuk pensiunan juga diberi THR. Hal ini, yang membedakan dengan tahun-tahun sebelumnya. Banyak yang menganggap ini berbau politik, tapi pemerintah menegaskan ini merupakan kebijakan yang sudah disetujui oleh semua pihak.

“Yang berbeda dari tahun ini bahwa tunjangan hari raya dibayarkan, tidak hanya dalam bentuk gaji pokok, namun termasuk di dalamnya tunjangan keluarga, tunjangan tambahan, dan tunjangan kinerja,” jelas Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, di Istana Negara, Jakarta seperti dikutip dari viva.co.id, Rabu (23/5/2018).

Sri mengungkapkan, THR dicairkan dengan besaran sama seperti take home pay atau gaji penuh selama sebulan. Untuk gaji ke-13, dibayar sebesar gaji pokok, tunjangan umum, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, dan kinerja.

“Dan, pensiun ke 13 dibayarkan sebesar pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan tambahan penghasilan,” lanjutnya.

Pembayaran THR, menurut Sri sudah bisa dimulai pada akhir Mei 2018. Mengingat, banyak satuan kerja, maka diharapkan bisa selesai awal Juni 2018.

“Dengan demikian, seluruh PNS, TNI, Polri pensiunan mendapat THR sebelum Hari Raya Idul Fitri. Jadi, mulai pembayaran akhir bulan ini sampai awal Juni,” katanya.

Lanjutnya, untuk pencairan gaji ke-13 dibayarkan pada Juni. Hal ini dilakukan, agar PNS, TNI, dan Polri, mendapatkan dana untuk biaya sekolah putra dan putrinya.

“Untuk pemda, pemprov, pemkot dapat menyelaraskan waktu pembayaran sesuai apa yang dilakukan pemerintah pusat, dalam hal ini ditanggung APBD setempat. Diatur PP dan PMK,” tambahnya.

Comments

Redaksi: KP. Sukarandeg RT 07/04 Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Jawa Barat 41252

Kontak: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - PT Indowarta Xpress Media

To Top