Nasional

Ini Daftar Lengkap 200 Ustad Rekomendasi Kemenag RI

JAKARTA – Pemerintahan era Joko Widodo melalui Kementrian Agama (Kemenag) RI telah meliris 200 ustad atau penceramah yang telah mendapatkan rekomendasi dari pemerintah.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menuturkan pembuatan daftar 200 nama penceramah Islam rekomendasi kementeriannya itu berdasarkan permintaan masyarakat.

Ia menjelaskan, Kementerian Agama sering dimintai rekomendasi penceramah oleh masyarakat, dan belakangan ini permintaan itu meningkat.

“Sehingga kami merasa perlu untuk merilis daftar nama mubalig,” kata Lukman seperti dikutip dari Tempo.co, Sabtu (19/5/2018).

Ia menjelaskan, nama-nama yang direkomendasikan itu telah memenuhi tiga kriteria, yakni mempunyai kompetensi keilmuan agama yang mumpuni, mempunyai reputasi yang baik, dan berkomitmen kebangsaan tinggi.

Kebijakan Lukman yang tidak menyertakan Ustad Abdul Somad dalam daftar penceramah rekomendasi itu mendapat tanggapan dari Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fahri Hamzah. Dia menilai seharusnya Lukman mengundang UAS untuk berceramah di Istana agar wawasan para pejabat di sana menjadi terbuka.

“Memang, mendengarkan ceramah UAS juga perlu hati yang bersih. Ramadan ini bagusnya Istana belajar agama Islam, biar ngerti cara membuat Islam sebagai rahmat dan kasih sayang,” cuit Fahri melalui akun Twitter resmi-nya.

Untuk melihat 200 daftar ustad yang telah direkomendasikan oleh Kemenag RI Anda bisa langsung membuka situs resmi Kemanag RI atau bisa mengklik tautan berikut ini: DAFTAR NAMA MUBALIGH/PENCERAMAH ISLAM INDONESIA

Comments
To Top