Nasional

Kangen Water Bisa Sembuhkan Penyakit, Ternyata Itu Hoax

JAKARTA – Waspada dengan brosur dan selebaran atau iklan yang menyatakan bahwa khasiat Kangen Water yang bisa menyembuhkan penyakit ternyata itu hanya kabar bohong alis hoax.

Produsen air mineral Kangen Water saat ini sudah tersebar diseluruh daerah di Indonesia, bahkan sejumlah testimoni pelanggan yang mengaku sembuh setelah meminumnya sudah banyak beredar. Sehingga membuat masyarakat percaya.

Seperti diketahui, Kangen water adalah salah satu merek dagang dari air alkali. Air alkali sendiri adalah air yang memiliki kadar pH yang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan air minum biasa.

Air minum biasa normalnya memiliki pH netral yaitu sekitar 7, sedangkan air alkali rata-rata memiliki pH 8-9. Oleh karena alasan inilah, air alkali dipercaya dapat menetralisir asam dalam tubuh.

Namun belakangan, klaim bahwa Kangen Water dianggap sudah mendapat restu dari Kemenkes, ternyata juga hoax. Berdasarkan berita acara pemeriksaan dari Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Kemenkes RI, PT Enagic Indonesia selaku produsen mesin Kangen Water diminta untuk:

1. Menarik semua brosur terkait informasi yang mengklaim bahwa produk mesin Kangen Water yang “telah diakui negara” (Kementerian Kesehatan RI).
2. Menarik semua brosur terkait informasi yang mengklaim bahwa produk mesin Kangen Water sebagai “medical device”.
3. Tidak boleh mengklaim bahwa produk mesin ionisasi (water elekrtolisis) sebagai produk yang dapat “menyehatkan dan atau menyembuhkan”.

Direktur Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Maura Linda Sitanggang membenarkan Kemenkes telah memberi peringatan keras terhadap produsen Kangen Water, PT Enagic Indonesia.

Surat peringatan untuk perusahaan yang berkantor di lantai 22 The Plaza Office Tower, Jakarta Pusat itu pun sudah dilayangkan.

Melalui berita acara pemeriksaan tertanggal 10 November 2017, Kemenkes memerintahkan PT Enagic Indonesia untuk menarik semua brosur terkait informasi yang menyatakan produk mesin kangen water telah diakui negara (Kemenkes).

Mengenai kelanjutan penanganan kasus kengen water, Maura mengatakan Kemenkes dalam waktu dekat akan memberikan informasi lebih lanjut.

Comments

Redaksi: KP. Sukarandeg RT 07/04 Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Jawa Barat 41252

Kontak: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - PT Indowarta Xpress Media

To Top