Nasional

Ma’ruf Amin Resmi Jadi Cawapres Jokowi

JAKARTA – Kejutan terjadi kala Presiden Joko Widodo atau Jokowi memilih Ketum MUI KH Ma’ruf Amin untuk maju di Pilpres 2019 sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres).

Keputusan ini tentunya membuat publik tidak menyangka, karena sebelumnya Jokowi tidak pernah menunjukan tanda-tanda akan memilih KH Ma’ruf Amin sebagai calon pendampingnya di Pilpres.

Pada awalnya Cawapres Jokowi menguat kepada Mahfud Md. Mahfud juga tiba-tiba menghilang dari pertemuan Jokowi dengan ketum parpol koalisi.

Sinyal Ma’ruf menjadi cawapres sebelumnya ditunjukkan dengan kehadiran dirinya ke Istana, kemarin (8/8/2018). Jokowi dan Ma’ruf juga beberapa kali terlihat bersama dalam acara keagamaan.

Namun prediksi dari bebrapa kalangan yang menganggap Mahfud Md sudah dipastikan akan melenggang di Pilpres bersama Jokowi terpatahkan hari ini, Kamis (9/8/2018). Jokowi dan partai pendukung telah resmi memilih KH Ma’ruf Amin.

“Saya memutuskan kembali mencalonkan diri sebagai calon Presiden RI periode 2019-2024. Keputusan ini adalah tanggung jawab besar, erat kaitannya dengan cita-cita untuk meneruskan mimpi besar Indonesia maju dalam melanjutkan pembangunan dan berkeadilan di seluruh pelosok,” ujar Jokowi saat pengumuman di Restoran Plataran Menteng, Jl HOS Cokroaminoto No 42, Menteng, Jakarta Pusat.

“Dengan mempertimbangkan masukan dari berbagai elemen masyarakat, maka saya putuskan dan telah mendapatkan persetujuan dari parpol Koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi saya sebagai cawapres 2019-2024 Profesor Ma’ruf Amin,” imbuhnya.

Pengumuman ini dihadiri oleh seluruh ketum parpol Koalisi Indonesia Kerja. Para pendukung Jokowi juga sudah berada di lokasi.

Comments
To Top