Nasional

Penjelasan Kenapa NIK dan KK Tak Bisa Dipakai Registrasi Kartu SIM

JAKARTA – Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) merupakan nomor wajib yang harus dimiliki oleh setiap warga negara. Bahkan saat ini pemerintah sudah mewajibkan registrasi kartu SIM operator telepon seluler memakai nonor NIK dan KK.

Sosialisasi terus dilakukan oleh semua operator untuk memaksa konsumen mereka melakukan registrasi ulang dengan menggunakan nomor NIK dan KK. Namun ternyata sampai masa registrasi ulang kartu SIM operator telepon seluler telah berakhir pada 28 Februari 2018 lalu ada beberapa pemilik ponsel gagal melakukan registrasi.

Padahal para pemilik ponsel sudah benar memasukan nomor NIK dan KK sesuai syarat yang diberlakukan oleh para operator. Namun tetap saja gagal.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh, mengungkapkan kemungkinan ada hal-hal tertentu yang membuat NIK dan KK yang dimaksud jadi tidak valid ketika registrasi.

Ada beberapa penyebab yang bisa menjadi pemicu hal tersebut. “Ada kemungkinan penduduk memiliki data ganda,” kata Zudan seperti dikutip dari Kompas.com pada Selasa (6/3/2018).

Selain kemungkinan memiliki data atau identitas ganda, bisa juga karena pemilik ponsel dan nomor telepon seluler tersebut sempat pindah tetapi belum mengurus perpindahan tempat tinggal atau domisilinya.

Adapun bagi penduduk yang sudah pindah tempat tinggal disebut Zudan perlu mengurus ke kantor Dinas Dukcapil setempat untuk kemudian membuat NIK yang baru.

Hal lain yang menimbulkan NIK dan KK tidak valid saat registrasi yakni penduduk yang bersangkutan sudah punya KK sendiri karena menikah atau pindah tempat tinggal.

Jika ada pemilik nomor telepon seluler yang merasa mengalami hal-hal tersebut, diimbau agar segera mengurusnya ke kantor Dinas Dukcapil supaya bisa melaksanakan registrasi ulang.

Zudan juga mengingatkan supaya pemilik ponsel tidak sampai salah mengisi NIK dan nomor KK mereka. Bila masih ada kendala lainnya, Zudan memastikan jajarannya siap untuk melayani masyarakat yang ingin mengadu di tiap kantor Dukcapil

Comments

Redaksi: KP. Sukarandeg RT 07/04 Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Jawa Barat 41252

Kontak: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - PT Indowarta Xpress Media

To Top