Nasional

Pilpres 2019: Jokowi vs Prabowo Jilid 2

JAKARTA – Dua Calon Presiden dan Wakil Presiden sudah mendeklarasikan diri untuk maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Dua nama capres sudah tidak asing lagi, keduanya pernah bertarung di Pilpres 2014 silam.

Kedua capres itu adalah Joko Widodo atau Jokowi dan Prabowo Subianto. Di Pilpres 2019 Jokowi memilih Ma’aruf Amin sebagai cawapresnya, sedangkan Prabowo memilih Sandiaga Uno.

Di Pilpres 2014 Jokowi kala itu berpasangan dengan Jusuf Kalla (JK) berhasil unggul dari Prabowo yang berpasangan dengan Hatta Rajasa. 

Saat itu, Jokowi dan JK didukung oleh PDIP, PKB, NasDem, Hanura, dan PKPI, sedangkan Prabowo dan Hatta Rajasa didukung oleh PKS, Gerindra, Golkar, PAN, PPP, PBB dan Demokrat.

Untuk Pilpres 2019 Jokowi dan Ma’aruf Amin mendapat dukungan dari PDIP, Golkar, PKB, NasDem, PPP, Hanura, Perindo, PSI, dan PKPI. Sedangkan untuk Prabowo dan Sandiaga didukung oleh PKS, Gerindra, dan PAN.

Ada satu partai yakni Demokrat yang sammpai saat ini belum menentukan dukungannya. Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini masih belum terlihat akan berlabuh kemana.

Comments
To Top