Nasional

Ya Lal Wathan Bergema Saat Umroh, GP Ansor Minta Maaf

Yaqut Cholil Qoumas

JAKARTA – Video nyanyian Ya Lal Wathan yang dipekikkan oleh jemaah saat melaksanakan ibadah Umroh di Tanah Suci menjadi heboh. Hal tersebut lantas langsung ditanggapi oleh Gerakan Pemuda Ansor.

Menurut Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas, nanyian atau lantunan Ya Lal Wathan yang dipekikkan saat sai adalahh spontanitas.

“Jadi, syair yalal wathon yang dikumandangkan Banser di Masa (tempat sai) itu adalah murni spontanitas,” kata Yaqut Cholil Qoumas seperti dikutip dari Republika, Rabu (28/2/2018).

Pria yang akrab disapa Gus Yaqut itu juga meminta maaf jika hal ini dianggap mengganggu hubungan bilateral Indonesia dan Arab Saudi. Dirinya menegaskan bahwa itu memang spontanitas.

Spontanitas tersebut, tambahnya, muncul dari kebiasaan yang selama ini terus dilakukan oleh sahabat-sahabat Banser di Tanah Air atas situasi yang terus dirasakan mengancam persatuan Bangsa.

“Ketika sa’i itu, ada ruang kosong sekitar 20 meter menjelang bukit marwa, disitu lah spontanitas muncul,” katanya. Sekali lagi’, ia menekankan, bahwa itu karena semata-mata kecintaan kepada Tanah Air dan sama sekali tidak ada muatan politis.

Jika kemudian yang muncul dari spontanitas itu dianggap mengganggu hubungan diplomatik Indonesia dan Saudi Arabia, Banser GP Ansor mengaku, tidak pernah menduga akan sampai demikian. Gus Yaqut mengatakan, saat itu, sebagian teman-teman yang ikut sa’i menyaksikan beberapa petugas keamanan di sana dan tidak menegur.

“Di sana (mereka) senyum-senyum dan mengambil foto rombongan. Dan saat itu, tidak ada teguran dari mereka,” kata dia. Akan tetapi, lanjutnya, jika memang itu mengganggu hubungan diplomatik dua negara, maka ia memohon maaf.

Ia ingin menunjukkan, Muslim Indonesia ramah dan membawa rahmah. “Ada spirit kebangsaan dan spirit membawa Islam ramah dan rahmah sebagaimana yang dipraktikkan oleh Muslim di Indonesia ke seluruh belahan dunia, termasuk di Saudi,” katanya.

Comments

Redaksi: KP. Sukarandeg RT 07/04 Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Jawa Barat 41252

Kontak: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - PT Indowarta Xpress Media

To Top