Olahraga

Noviyanti Prihatin Atlet Muaythai Tak Didukung APBD

SUBANG – Dua lapis kontingen Muaythai Kabupaten Subang yang berangkat ke Kejuaraan Daerah Muaythai Jawa Barat di Tasikmalaya dan Training Center Porda ke Bogor tak mendapat pembiayaan dari APBD.

Total 18 atlet binaan Pengkab Muaythai Subang tersebut malah dibiayai oleh salag seorang orang tua asuh, Noviyanti Maulani. Kondisi tersebut cukup ironis, sebab mereka semua bertanding dan berlatih demi nama harum Kabupaten Subang.

Ketua Pengkab Muaythai Subang Lilis Sulastri mengungkapkan kalau tanpa dukungan biaya dari Noviyanti, dua kontingen tersebut tidak mungkin bisa berangkat.

“Kami berhutang besar sekali pada Ibu Novi yang selama ini telah membantu biaya pembinaan para atlet kami. Entah bagaimana jadinya prestasi Muaythai Subang, ” ucap Lilis, Kamis (2/8/2018).

Lilis menyebut, nominal rupiah yang telah dikucurkan untuk operasional dua even tersebut sementara ini sudah mencapai miliaran. Setiap pekan, untuk biaya makan dan akomodasi atlet 11 atlet selama TC di Bogor mencapai Rp 60 juta lebih. Dikalikan tiga bulan atau 12 pekan, sudah habis Rp 720 juta.

“Belum untuk ongkos Kejurda, empat hari untuk tujuh atlet tidak kurang Rp 50 juta harus disiapkan,” imbuhnya.

Noviyanti sendiri mengaku sudah kerepotan membiayai semua operasional yanh dibutuhkan. Hanya karena dia punya tekad kuat untuk memajukan olahraga beladiri asal Muaythai, yang membuat dirinya terus bertahan.

“Ini terpaksa kami ungkapkan, demi kelangsungan pembinaan atlet Muaythai. Mereka sudah susah payah berlatih dan menunjukkan raihan prestasi yang bagus, selayaknya didukung oleh anggaran memadai, ” harapnya.

Comments
To Top