Olahraga

Pesan Penting Paralympics 2018, Olimpiade Bagi Penyandang Disabilitas

Event olahraga empat tahun sekali Paralympics 2018 mulai digelar 9 Maret 2018. Untuk memeriahkan perhelatan olimpiade bagi para penyandang disabilitas itu Google membuat halam utamanya menampilkan atlet yang akan berlagi di Paralympics 2018.

Olimpiade Paralympics 2018 yang dilaksanakan di Kabupaten Pyeongchang, Provinsi Gangwon, Korea Selatan, dari tanggal 9 sampai 18 Maret 2018 ini merupakan kelanjutan dari Musim Dingin PyeongChang 2018 (Winter Olympic) yang baru berakhir pada 25 Februari 2018 lalu.

Dalam memeriahkan  Paralympics 2018 yang dilaksanakan di Korea Selatan itu, Google menampilkan enam atlet dengan cabang olah raga berbeda. Google merepresentasi enam cabang yang dilombakan dalam Paralympics 2018 yakni ski, biathlon, ski lintas alam, hoki es, snowboarding, dan kursi roda.

Sebanyak 80 negara di dunia berpartisipasi pada Paralympics 2018 ini. Dilaporkan terdapat sekitar 670 atlet yang diterjunkan, termasuk para atlet perempuan yang jumlahnya meningkat dibandingkan sebelumnya, untuk memperebutkan lebih dari 80 medali.

Paralympics 2018 menjadi event olehraga bagi para penyandang disabilitas terbesar. Namun sayang untuk tahun ini Indonesia tidak ikut berpartisipasi, baik di Musim Dingin PyeongChang 2018 (Winter Olympic), maupun Paralympics 2018.

Perhelatan Paralympics 2018 diatur oleh International Paralympic Committee (IPC) ternyata bukan hanya sekedar olahraga, melainkan sebuah gerakan yang memiliki nilai agung.

Dilansir dari laman resmi Paralympics 2018, pesan keberanian merupakan semangat unik para atlet paralimpiade untuk berusaha mencapai apa yang masyarakat anggap tidak mungkin. Namun para atlet paralimpiade percaya, itu adalah sebuah keniscayaan.

Adapun kebulatan tekad tercermin pada motivasi para atlet yang berusaha keras untuk mendobrak batas absolut kemampuan fisik mereka.

Pesan selanjutnya adalah inspirasi, bagaimana prestasi dan perjuangan yang mereka torehkan dalam perhelatan tersebut dapat berdampak bagi kehidupan orang lain.

Tidak lupa isu kesetaraan menjadi sangat penting dalam paralimpiade. Karena Paralimpiade adalah media untuk mengubah stigma masyarakat yang masih mendiskriminasi orang-orang disabilitas.

Comments

Redaksi: KP. Sukarandeg RT 07/04 Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Jawa Barat 41252

Kontak: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - PT Indowarta Xpress Media

To Top