Pendidikan

Ganesha Operation Cimahi KBB Gelar Try Out USBN dan Seminar Pendidikan

BANDUNG – Tingginya minat pelajar Sekolah dasar dan yang sederajat memasuki jenjang sekolah menengah pertama (SMP) unggulan atau favorite sangat tinggi ditengah jumlah kuota disekolah-sekolah negeri unggulan yang nyaris tak berubah setiap tahunnya. Hal ini yang menyebabkan perlunya orang tua siswa memahami tekhnis dan permasalahan sebenarnya menjelang Penerimaan siswa baru tahun pelajaran 2018/2019, hal ini dikemukakan kepala Ganesha Operation Unit Cimahi dan Bandung Barat, Lia Yulianti, S.Pd, MM

“Persaingan pada ajang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) kian ketat. Hal ini ditengarai oleh semakin banyaknya angkatan Siswa kelas 6SD yg memasuki jenjang SMP sementara jumlah sekolah Negri tetap dan peningkatan daya tampungnya tidak signifikan. Tentunya hal ini perlu disikapi & disiasati dgn bijak oleh Siswa dan orang tua,” ungkapnya.

Kegiatan TO Simulasi USBN/UTS

Menurutnya, salah satu upaya untuk mempersiapkan siswa adalah dengan try out yg melibatkan lebih dari 40 SD di wilayah Padalarang yang dapat menjadi miniatur peta persaingan pada ppdb yg sebenarnya. Menurut Lia para orang tuapun dilibatkan dengan Seminar Pendidikan Memahami Potensi Anak yang juga diselenggarakan di SDN Krida Utama Padalarang.

“Orang tua pun dipersiapkan agar terinformasi dengan benar dan berstrategi dengan tepat melalui seminar pendidikan bertemakan Memaksimalkan Potensi Anak,” pungkasnya.

Sementara itu dalam penyampaian materi Seminar, Praktisi Pendidikan Parulian Pangabean mengatakan pentingnya mengetahui potensi yang dimiliki anak sebelum para orang tua memilihkan sekolah terbaik untuk putra-putrinya.

“Kemampuan untuk mengenali potensi anak mutlak diperlukan oleh orang tua sehingga mereka bisa mengarahkan anak-anaknya sesuai minat  bakat dan kemampuannya, seminar pendidikan yang diselenggara GO pun ditujukan bagi orang tua agar lebih mengenali potensi anak-anaknya yang selama ini belum tergali, sehingga anak-anaknya bisa mencapai visinya secara efektif dan efisien,” paparnya.

Kegiatan Try Out Simulasi USBN sendiri diikuti banyak pelajar dari kecamatan Ngamprah dan Padalarang kabupaten Bandung Barat, hari ini Minggu (04/03/2018) di kompleks SDN Krida Utama Ngamprah Kabupaten Bandung Barat, tingginya minat orang tua dan guru mengikutsertakan anak didik mereka diharapkan bisa memenuhi ekspetasi orang tua yang ingin anak-anak mereka belajar disekolah sesuai harapan mereka.

 

Comments

Redaksi: KP. Sukarandeg RT 07/04 Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Jawa Barat 41252

Kontak: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - PT Indowarta Xpress Media

To Top