Pendidikan

Sanggar Nay Sunda dan TMP Sukses Gelar Gempung Tarung Sisingaan

SUBANG – Sanggar Soca Niskala Sunda atau lebih dikenal Sanggar Nay Sunda bersama DPC Taruna Merah Putih (TMP) Kabupaten Subang telah sukses menyelenggarakan event Gempung Tarung Sisingaan tingkat kabupaten yang berlangsung di Lapangan Dolog, Subang, Minggu (13/5/2018).

Gempung Tarung Sisingaan tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten Subang ini diikuti oleh 20 grup Sisingaan. Mereka bertarung memperebutkan juara dihadapan para juri yang berasal dari Indonesia Australia Development For Skills (IAD), dan disaksikan langsung oleh ratusan masyarakat yang hadir.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Umum DPP TMP Maruarar Sirait, Plt Bupati Subang H. Ating Rusnatim, Raja LAK Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi, Pengasuh Sanggar Soca Niskala Sunda Novianti Silviadi, serta kader TMP, budayawan dan tamu undangan lainnya.

Ketua Umum DPP TMP Maruarar Sirait mengatakan, bahwa selama ini pihaknya tetap konsisten untuk terus memajukan kebudayaan daerah, termasuk seni dan budaya yang berada di Kabupaten Subang. “Saya buat acara seni budaya itu sudah bertahun-tahun. Bahkan besok saya buat juga di Sumedang, jadi kita sangat senang sekali menggelorakan gairah untuk beresinian,” kata Maruarar Sirait.

Menurut Maruarar Sirait atau yang akrab disama Bang Ara, jika seniman dan budayawan dihargaai yakni dengan diberikan ruang kreativitas semacan Gempung Tarung Sisingaan ini maka kedepan Indonesia akan maju.

Bang Ara berssama Plt Bupati Subang memberikan hadih kepada juara 1 Gempung Tarung Sisingaan

“Saya kira, jika seniman dan budayaan dihargaai Indoanesia akan maju. Oleh karena itu, seniman dan budayawan harus mendapatkan tempat disemua sektor, mulai dari sektor parawisata sampai sektor ekonomi. Kemudian juga bagaimana para politisinya berbudaya dan berkesenian, dia akan lebih bermanrtabat. jadi kita sungguh-sungguh,” katanya.

Bang Ara yang juga merupakan Anggota DPR RI dalam kesempatan itu mengetakan selama 14 tahun dirinya menjadi wakil rakyat mewakili Subang, Majalengka dan Sumedang tidak henti-hentinya berkontribusi dalam bidang kesenian dan budaya.

“Bisa dicek kegiatan budaya yang sudah kita gelorakan sangat banyak. Saya mewakili Subang selama 14 tahun, saya bangga dan ikhlas memajukan Subang lewat kebudayaan. Apalagi dalam kegiatan ini saya lihat pesertanya muda-muda semua. Jadi ada regemerasinya, dan itu sangat bagus,” katanya.

Ketua Panitia Acara Novianti Silviadi mengatakan, kegiatan Gempung Tarung Sisingaan bertujuan untuk menggemakan Sisingaan di kalangan pelajar Subang. Nilai edukasi dan pelestarian budaya berkembang beriringan dalam kegiatan ini.

Bang Ara bersama Raja LAK Galuh Pakuan dan Pengasuh Sanggar Nay Sunda memberikan hadiah kepada pemenang Gempung Tarung Sisingaan

“Bagaimana para pelajar bisa tahu, dan bisa mendalami nilai budaya asli daerahnya jika tidak pernah berlatih. Minimal khalayak luas dapat melihat kemegahan budaya Subang secara nyata,” ucap Novi.

Gempung Tarung Sisingaan digelar terbuka untuk semua pelajar. Masyarakat berbondong-bondong menyaksikan acara Gempung Tarung Sisingaan. Meski gratis, dalam kegiatan itu panitia menyediakam hadiah yang cukup besar. total Rp 25,5 juta, Juara 1 meraih Rp 10 juta, Juara 2 Rp 7,5 juta, Juara 3 Rp 5 juta. Harapan 1,2 dan 3 juga mendapat hadiah masing masing Rp 1 juta.

“Pemberian hadiah ini tentunya untuk memberikan penghargaan kepada para pelaku seni dan budaya di Subang. Selain itu tentunya untuk memotivasi mereka untuk terus eksis berkesenian,” katanya.

Comments

Redaksi: KP. Sukarandeg RT 07/04 Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Jawa Barat 41252

Kontak: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - PT Indowarta Xpress Media

To Top