Pendidikan

Siswa SMK Peternakan Juara Diajarkan Menanam Sayur Hidroponik

SUBANG – Banyak cara dilakukan tokoh agama dan pesantren dalam melatih kemandirian anak didiknya, salah satunya dilakukan di Asrama SMK Peternakan Juara Kasomalang Subang yang melatih keterampilan para santri bukan hanya dibidang keagamaan saja namun keahliam peteenakan dan pertanian juga dilatih para guru dilembaga ini.

Dikatakan Ustadz Warno, SE, MM Kepala Asrama SMK Peternakan Juara Kasomalang Subang, para santri di lembaga yang dipimpinnya selalu diupayakan bisa hidup mandiri layaknya di pesantren salah satunya dengan pemenuhan sayuran hasil produksi sendiri yang ditanam secara hidroponik.

“Dengan menanam sayuran hidroponik selain memiliki keuntungan tersendiri, diantaranya lahan yang minim dan cara tanam yang gampang,” ungkapnya ditemui dikediamannya.

“Disini kami menanam ini dan diajarkan kepada para santri yang tinggal di asrama dengan pembimbing khusus tujuannya ada ruang praktik bagi santri untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri secara mudah namun bisa menjadi bekal mereka kelak setelah lulus atau tamat belajar,” imbuhnya.

Menurut Warno, bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan dapur tapi bisa juga untuk memenuhi kebutuhan pasar atau menjadi komoditas yang bisa dijual ke pasar.

“Dengan tanaman sayuran ini bahkam bisa dijual ke pasar setiap minggunya secara berkala dengan cara tanam yang mudah dan lahan efisien maka keseriusan dan kemampuan yang dimiliki bisa menghasilkan uang dari hidroponik sayuran ini,” ucap Warno menambahkan.

Melalui Pendidikan keahlian dan keagamaan SMK Peternakan Juara melahirkan banyak lulusan yang terserap dunia kerja dibidang tersebut. tak heran jika SMK Peternakan Juara menjadi salah satu Sekolah Kejuruan Favorit di Provinsi Jawa Barat.

Comments
To Top