Politik

KPU Subang Optimis Sidang Gugatan Pilkada Dihentikan

Maman Suparman

SUBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang belum bisa memastikan kapan Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Subang pemenang Pilkada 2018 dilaksanakan.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Subang Maman Suparman, penetapan calon pemenang Pilkada masih menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi (MK). Hal tersebut dikarenakan adanya gugatan salah satu pasangan calon (paslon).

Namun, dengan melihat materi gugatan salah satu paslon tersebut, KPU Kabupaten Subang optimis, persidangan gugatan hasil Pilkada Bupati Subang 2018 dihentikan oleh Majelis Hakim MK, melalui Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH).

“Kita optimis, karena jika melihat materi gugatan yang diajukan, itu tidak mengarah kepada substansi gugatan yang ditanggapi MK yaitu, Perselisihan Hasil Penghitungan Suara (PHPS), dan materi yang disampaikan ke MK itu terkait dengan perbedaan surat suara, dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT),” kata Maman, Sabtu (4/8/2018)..

Maman mengatakan, saat ini Majelis Hakim MK, sedang membahas materi gugatan melalui RPH, larena materi gugatannya tidak sesuai dengan subtansi gugatan perselisihan hasil Pilkada.

“Sehingga saya yakin gugatan Pilkada Subang 2018, akan dihentikan melalui hasil RPH,” tegasnya.

Sementara itu kata Maman, gugatan Pilkada Subang bisa dihentikan karena tidak memenuhi unsur materi gugatan dan bukti-bukti yang kuat, untuk dilanjutkan dipersidangan MK tahap dua.

“Kalau melihat materi gugatan sih saya yakin persidangan di MK itu tidak mungkin dilanjutkan, alias dihentikan karena materi gugatan tidak memenuhi unsur dan bukti-bukti yang kuat,” katanya.

Maman menegaskan, apapun hasil nanti di MK, KPU Kabupaten siap melaksanakan apa yang menjadi putusan MK nanti, dan KPU memiliki waktu untuk penetapan pemenang Pilkada Subang. “Kita tunggu saja hasilnya nanti,” pungkasnya.

Comments
To Top