Ramadhan

Awal Ramadhan 1439 H Jatuh Pada 17 Mei 2018

JAKARTA – Kementrian Agama (Kemenag) RI telah melaksanakan sidang Isbat untuk menentukan awal Ramadhan 1439 Hijriah. Telah diputuskan bahwa awal puasa atau 1 Ramadhan 1439 Hijriah jatuh pada hari Kamis, 17 Mei 2018.

Mentri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan sidang isbat untuk mendapatkan informasi hasil pengamatan hilal dari sejumlah titik. Baik ditanah ait, maupun di luar negeri. Hasilnya telah diputuskan.

“Alhamdulillah kita sudah menyelesaikan sidang isbat, sama-sama telah mendengarkan dari anggota tim rukyat. Tidak hanya dilihat dari penjuru tanah air, tapi diseluruh dunia. Kita menerima laporan, dari tim rukyatul hilal,” kata Lukman di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Lukman mengatakan untuk di tnah air, pengamatan hilal dilakukan di 95 titik yang tersebar di seluruh nusantara. Dalam sidang itu pihaknya telah mendengarkan seluruh kesaksian mereka yang sudah memantau hilal sejak beberapa hari kebelakang.

“Laporan dari kesaksian mereka telah kita dengar, dan Alhamdulillah kita sudah bisa memutuskan bahwa untuk awal Ramadhan 1439 Hijriah jatuh pada 17 Mei 2018,” katanya.

Dengan diputuskannya awal Ramadhan ini tentnunya harus ditaati oleh seluruh umat muslim di Indonesia, bahwa awal puasa Ramadhan dimulai pada hari Kamis, 17 Mei 2018.

“Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga ibadah kita selama Ramadhan diberi ganjaran oleh Allah SWT,” katanya.

Sidang isbat dimulai pada pukul 16.00 WIB, diawali dengan pemaparan dari tim hisab dan rukyat Kemenag terkait posisi hilal menjelang awal Ramadan. Sidang berlangsung setelah ada laporan hasil pengamatan hilal dari lokasi pemantauan.

Comments

Redaksi: KP. Sukarandeg RT 07/04 Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Jawa Barat 41252

Kontak: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - PT Indowarta Xpress Media

To Top