Ramadhan

Inilah Cara Cek Arus Lalu Lintas Mudik Lebaran 2018 Secara Real Time

JAKARTA – Sudah menjadi tradisi bahwa mudik lebaran banyak dilakukan oleh orang muslim untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing. Ada banyak cara dilakukan untuk sampai ke kampung halaman, bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraaan umum.

Bagi yang memiliki kendaraaan pribadi, tentunya mudik akan lebih banyak hal yang dipersiapkan terutama stamina tubuh karena jarak yang ditempuh cukup jauh. Selain itu harus diingat pantau jalur mudik dan menari jalur yang bebas macet adalah hal yang harus dilakukan.

Bagaimana cara mengecek lalu lintas jalur mudik 2018 secara real time? Ternyata Kementerian Perhubungan telah meluncurkan sebuah situs web CCTV untuk memantau kondisi jalan secara langsung. Situs web tersebut dirilis dalam rangka mudik Lebaran 2018. Sehingga bisa digunakan oleh pemudik untuk memantau arus lalu lintas terkini.

Dengan menggunakan situs CCTV yang diluncurkan oleh Kementerian Perhubungan ini pemudik tidak perlu khawatir lagi tentang kondisi jalur yang akan dilalui karena bisa dicek terlebih dahulu, apakah jalur tersebut macet atau tidak? Jikalaupun macet, tentunya jalur alternatif harus menjadi pilihan.

Untuk diketahui, ada beberapa jalur yang bisa dilihat melalui real time CCTV ini, yaitu Jalur Utara, Jalur Tengah, Jalur Selatan, Jalur Barat dan Terminal. CCTV dipasang di lokasi yang rawan terjadi kemacetan. Misalnya, Pintu Tol Jakarta-Cikampek, Penyeberangan Merak-Bakauheni, Pintu Tol Kanci, dan Nagrek.

Segera cek situs CCTV real time berikut ini http://rttmc.dephub.go.id/rttmc/m/page/cctv dengan menggunakan situs ini pemudik diharapkan hapal jalur yang akan dilalui. Sehingga mereka nantinya tidak terjebak kemacetan yang panjang seperti pada musim mudik tahun sebelumnya yang terjadi dibeberapa titik.

Comments
To Top