Ramadhan

Ini Keutamaan Sahalat Tarawih Hari Pertama di Bulan Ramadhan

Sejumlah keterangan menyebut bahwa shalat Tarawih selama Ramadhan memiliki berbagai keutamaan, maka dari itu untuk seluruh umat muslim wajib mengetahuinya. Sehingga tentunya akan membuat tergerak untuk melaksanakan shalat Tarawih di hari pertama Ramadhan.

Keutamaan (fadhilah) salat tarawih mulai malam pertama hingga malam ke-30 ternyata mengandung kebaikan-kebaikan bervariasi. Sehingga membuat kita sebagai umat Islam tidak boleh melewatkanya. Jadikan bulan Ramadhan kali ini menjadi bulan yang berkah dan penuh ampunan.

Maka dari itu, untuk mendapatkan keutamaan shalat Tarawih ini umat muslim harus tahu ada beberapa keutamaan shalat Tarawih malam pertama Ramadhan. Berikut ini keutamaan yang akan kita peroleh jika kita melaksanakan shalat Tarawih di hari pertama Ramadhan seperti dikutip dari Faktualnews.co.

1. Diampuni dosanya

Salat tarawih yang dilaksanakan pada malam pertama dan malam lainnya akan menghapuskan dosa seseorang baik yang dilakukan masa kini maupun dosanya yang telah lalu.

Siapa yang tidak ingin dihapuskan dosanya di masa lalu. Bahkan sebuah hadits menyebutkan bahwa siapa yang melaksanakan salat tarawih pada malam pertama bulan Ramadan, ia diibaratkan seperti baru dilahirkan kembali oleh ibunya atau dengan kata lain bersih dari dosa dan kesalahan.

Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut ini :

إِِنَّ رَمَضَانَ شَهْرٌ فَرَضَ اللَّهُ صِيَامَهُ وَإِنِّي سَنَنْتُ لِلْمُسلِمِيْنَ قِيَامَهُ فَمَنْ صَامَهُ وَقَامَهُ إِعيمَانًا وَاحْتِسَابًا خَرَجَ مِنَْ الذُّنُوبْ كَيَوْم وَلَدَتْهُ أُمُّه

“Sesungguhnya Ramadhan adalah bulan dimana Allah mewajibkan puasanya, dan sesungguhnya aku menyunnahkan qiyamnya untuk orang-orang Islam. Maka barang siapa berpuasa Ramadan dan qiyam Ramadan karena iman dan mencari pahala, maka ia (pasti) keluar dari dosa-dosanya sebagaimana pada hari ia dilahirkan oleh ibunya. (HR : Ahmad, Ibnu Majah. Al Bazzar, Abu Ya’la dan Abu Hurairah.)

Dan juga disebutkan dalam hadits lainnya

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ اِيْمَانَا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْذنْبِه

“Barang siapa melakukan qiyam (lail) pada bulan Ramadan, karena iman dan mencari pahala, maka diampuni untuknya apa yang telah lalu dari dosanya.” (HR Abu Hurairah).

2. Dikabulkan doanya

Bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk berdoa dan memohon kepada Allah SWT. Doa yang dipanjatkan setelah salat malam termasuk setelah shalat tarawih pada malam pertama memiliki kesempatan yang besar akan dikabulkan oleh Allah jika doanya dipanjatkan dengan tulus dan ikhlas sebagaimana hadits Rasulullah SAW.

“Sesungguhnya pada malam hari itu benar-benar ada saat yang seorang muslim dapat menepatinya untuk memohon kepada Allah suatu kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah akan memberikannya (mengabulkannya); dan itu setiap malam.” (HR Muslim dan Ahmad).

2. Dimantapkan hatinya

Salat tarawih pada malam pertama sangat dianjurkan untuk dilaksanakan karena pada malam pertama kita akan menetapkan hati kita sebelum memasuki bulan Ramadan.

Pada salat tarawih malam pertama kita sudah mantap untuk melaksanakan segala ibadah dan menyiapkan jasmani serta rohani kita di bulan Ramadan.

4. Mencegah dosa

Salat malam termasuk shalat tarawih pada malam pertama adalah ibadah yang bisa mencegah dosa. Hal ini dikarenakan jika seseorang melaksanakan salat tarawih maka ia akan menghabiskan waktu untuk beribadah daripada hal-hal lain yang tidak bermanfaat.

Comments

Redaksi: KP. Sukarandeg RT 07/04 Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Jawa Barat 41252

Kontak: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - PT Indowarta Xpress Media

To Top