Ramadhan

Luar Biasa, Inilah Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan Tubuh

Seluruh umat muslim diseluruh dunia sudah mulai melaksanakan ibadah puasa. Sudah menjadi sebuah kewajiban, tentunya ibadah puasa Ramadhan tidak bisa dilewatkan begitu saja. Aapalagi selain mengharap pahala dari Allah SWT, ternyata puasa Ramadhan sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Ada beberapa manfaat yang akan diperoleh saat kita melasanakan ibadah puasa. Manfaat-manfaat ini ssangat luar biasa, sehingga bagi kita yang ingin merasakan hidup lebih sehat, segeralah berpuasa sesuai ketentuan Allah SWT. Selain pahala yang kita dapat, tentunya kita akan mendapat berkah lain.

Salah satu keberkahan dalam menjalani ibadah puasa itu adalah adanya manfaat saat kita melaksanakan ibadah puasa. Ternyata puasa memiliki tinjauan perspektif dari dunia medis. Lalu apa saja manfaat puasa?. Dilansir dari arabiya net. inilah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh.

1. Menyehatkan jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berpuasa sebulan sekali memiliki risiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung, dibandingkan mereka yang tidak menjalani puasa. Selain itu, ada juga beberapa penelitian yang menyatakan bahwa berpuasa dapat mengurangi resistensi insulin yang memicu diabetes. Namun, untuk menjaga kesehatan jantung, faktor-faktor lain seperti pola makan dan olahraga teratur berperan besar.

2. Memperbaiki tingkat lemak darah

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1997 dalam Annals of Nutrition Metabolism menunjukkan bahwa puasa menurunkan kadar kolesterol “LDL” yang buruk sebesar 8 persen, trigliserida sebesar 30 persen. Ini bisa dijelaskan dengan kebiasaan makan dan olahraga. Di bulan Ramadhan, orang cenderung memilih makanan yang lebih sehat seperti kurma, kacang, sup miju-miju, dan makanan sehat rumahan lainnya.

3. Membantu terapi kecanduan

Kecanduan bisa datang dalam segala bentuk dan Ramadan memberikan kesempatan yang sangat baik untuk membuangnya. Karena Ramadhan mengajarkan seseorang menahan diri untuk hampir sepanjang hari. Tanpa disadari menahan diri sepanjang hari lama kelamaan menghilangkan kecanduan yang mungkin tidak sesulit seperti yang dipikirkan!

4. Menjaga berat badan

Pembakaran lemak menjadi energi membantu mengurangi berat badan dan tingkat kolesterol. Penurunan berat badan akan berdampak baik untuk mengendalikan diabetes dan tekanan darah. Di sisi lain, berat badan memang akan turun jika tubuh tidak makan dan tidak mendapat asupan kalori selama berpuasa. Namun, bisa kembali naik begitu berbuka puasa. Hal ini karena ketika berpuasa Anda kehilangan cairan, bukan berat badan substansial.

Comments
To Top