Sains

Catat! Hujan Meteor Perseid Akan Terjadi Pada 12 Agustus 2017

SEBUAH fenomena alam langka yakni hujan meteor Perseid akan kembali terjadi dan bisa dilihat dengan jelas pada tanggal 12 Agustus 2017 nanti.

Hujan meteor Perseid terakhir terjadi pada tahun 2015 silam. Kali ini, hujan meteor Perseid diprediksi intensitasnya bisa sampai 80-100 meteor per jam, dan dikenal mempunyai bola-bola api yang cerah di langit.

Menurut ahli asteroid NASA Bill Cooke, perkiraan hujan meteor Perseid meledak sekitar tanggal 12 Agustus 2017, jam 13.00 EDT. Namun karena di bulan Agustus tahun 2017 ini bulan lebih besar serta terang, maka hujan meteor Perseid hanya akan terlihat 40-50 meteor per jam.

“Hujan meteor ini akan sangat jelas terlihat di langit dari tanggal 11-13 Agustus. Namun karena bulan Agustus tahun ini bulan besarnya sampai tiga perempat penuh di jam 11 siang, maka akan ada sedikit halangan dari cahaya untuk melihat hujan meteor Perseid,” ujarnya.

Jika ingin melihat dengan jelas, Anda bisa berkunjung ke Pegunungan Blue Ridge di Virginia, Observatorium Silo di Primland, Sky Gate Observatory di Jordan’s Wadi Rum, dan Observatorium Astronomi di Six Senses Con Dao, Vietnam.

Dikutip dari wikipedia, Perseid merupakan fenomena alam berupa hujan meteor yang sering dikaitkan dengan komet Swift-Tuttle. Sedangkan dinamakan Perseid karena titik radian hujan meteor ini seolah-olah berasal dari arah rasi bintang Perseus.

Comments

Redaksi: KP. Sukarandeg RT 07/04 Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Jawa Barat 41252

Kontak: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - PT Indowarta Xpress Media

To Top