Teknologi

Admin Grup WhatsApp Bisa Bungkam Anggota yang Berisik, Begini Caranya

Setelah mengeluarkan fitur untuk mendepak posisi admin di grup, kali ini WhatsApp segera meluncurkan fitur terbaru yang memungkinkan seorang admin grup untuk membungkap anggota yang berisik tanpa mengeluarkannya dari grup.

Fitur bernama “Restrict Group” ini sangat berguna bagi admin yang memiliki anggota yang tidak jelas dan suka bikin berisik dan memancing keributan, karena dengan fitur ini  nantinya bakal memungkinkan admin untuk membatasi komunikasi yang berlangsung di dalam sebuah grup.

Jika Restrict Group diaktifkan, hanya anggota yang berstatus sebagai admin saja yang bakal bisa mengirim pesan dalam grup, sedangkan anggota lain terbatas hanya bisa membacanya. Sehingga membuat grup tetap kondusif walaupun ada anggota yang memang suka menjadi provokator.

Fitur ini kabarnya bakal mencegah anggota non-admin untuk mengirim foto, video, GIF, dokumen, hingga pesan suara. Artinya seluruh fitur mengirim pesan bakal dinonaktifkan untuk peserta non-admin.

Belum diketahui apakah fitur ini juga akan membungkam anggota grup untuk melakukan panggilan video maupun suara atau tidak. Pasalnya fitur panggilan video untuk grup baru saja diperkenalkan awal Mei kemarin.

Dikutip Tribunnews.com dari Gadgets Now, Restrict Group disinyalir akan segera tersedia untuk Whatsapp Android versi 2.13.132 ke atas. Sedangkan untuk perangkat iOS belum ada informasi lebih lanjut pada versi berapa fitur ini akan hadir.

Restrict Group mungkin dibuat untuk meminimalisasi terjadinya banjir informasi dalam sebuah grup WhatsApp. Tidak heran, karena memang biasanya obrolan dalam sebuah grup WhatsApp terjadi secara intensif. Obrolan-obrolan yang penting pun seringkali malah “tenggelam” di bawah pembicaraan lain yang tidak begitu penting.

Oleh karena itu fitur ini boleh jadi bakal meminimalisasi terjadinya disinformasi yang tersebar dalam sebuah grup. WhatsApp beberapa waktu belakangan ini memang tengah gencar memberikan fitur-fitur anyar pada pengguna.

Beberapa waktu lalu WhatsApp memberikan fitur pada anggota obrolan grup untuk melakukan “kudeta” pada admin grup. Peserta bisa menurunkan status admin menjadi anggota biasa dengan menggunakan menu “Dismiss as Admin”.

Kemudian belum lama ini WhatsApp juga menambah durasi waktu hapus pesan kepada para pengguna. Awalnya pesan “salah kamar” yang bisa dihapus tak lebih dari 7 menit setelah pesan tersebut dikirim.

Namun, sekarang WhatsApp telah memperpanjang durasi tersebut menjadi 1 jam 8 menit 16 detik. Yang terakhir seperti yang disebutkan di awal. Fitur teranyar yang diperkenalkan WhatsApp adalah panggilan video untuk grup.

Sesuai namanya, Group Video Calling memungkinkan pengguna melakukan percakapan tatap muka (face-to-face) via WhatsApp dengan melibatkan lebih dari dua orang.

Sebelumnya, fitur video calling yang tersedia di WhatsApp sifatnya interpersonal, atau hanya dua arah. Dengan adanya Group Video Calling, WhatsApp mampu menyatukan setidaknya empat orang (atau lebih) yang terpisah jarak, untuk saling bertatap wajah dan mengobrol.

Comments

Redaksi: KP. Sukarandeg RT 07/04 Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Jawa Barat 41252

Kontak: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - PT Indowarta Xpress Media

To Top