Teknologi

Paslon Dedi J – Budi Setiadi Gandeng BP2DK Kembangkan Desa Broadband di Subang

SUBANG – Untuk memudahkan masyarakat desa mengakses internet pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Subang Dedi J dan Budi Setiadi menggandeng Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa & Kawasan (BP2DK) untuk mengembangkan desa broadband dan desa pintar di Subang.

Menurut Calon Wakil Bupati Subang Budi Setiadi, dengan dikembangkannya desa broadband dan desa pintar di Subang, nantinya masyarat desa bisa mengakses informasi dengan mudah melalui internet. Sehingga tidak ada lagi desa yang tertinggal.

“Saya sudah konsen dari dulu terkait pemberdayaan masyarakat desa, dan beberapa desa binaan sudah menjadi desa percontohan di Indoensia, salah satunya desa Mandalamekar di Tasikmalaya, dan di Subang sekarang sedang dibangun puluhan desa yang akan mejadi percontohan,” kata Budi Setiadi, Senin (12/3/2018).

Budi mengatakan, sejumah desa yang saat ini sedang dibangun infrastrukturnya dan sudah terkoneksi dengan Sistem Informasi Desa dan Kawasan (Sideka) di Subang diantaranya, Desa Compresng, Simpar, Majasari, Nangerang, Kalentambo, Gempol dan Patimban. Untuk contoh masyarakat bisa membuka link patimban.sideka.id.

“Itu beberapa desa yang yang sudah terakses internet dan saat ini sedang dibangun infrastuktur sistemnya untuk masyarakat menuju desa cerdas,” katanya.

Nantinya, bantuan dari BP2DK untuk semua desa di wilayah Subang tersebut didukung dengan jaringan internet, selain dibangun juga infrastruktur dan dibina secara berlanjut oleh BP2DK.

“Iya, infrastruktur untuk masyarakat adalah akses internet gratis. Rencananya seluruh desa yang ada di Kabupaten Subang harus tersambung jaringan internet. Dan sekarang baru puluhan,” katanya.

Budi mengatakan, selain memudahkan akses internet di desa, tujuan program ini adalah untuk mencetak 15 ribu pengusaha baru dan membangun UKM lebih maju di desa yang berada di Subang.

Direktur Eksekutif BP2DK Irman Mailandi, mengatakan BP2DK hadir di Subang kaitannya dengan komitmen Budi Setiadi untuk membangun desa broadband dan desa cerdas diseluruh wilayah pelosok desa.

“Sampai tahun 2019 BP2DK menargetkan ada 12 ribu desa se-Indonesia yang tersambung dengan internet dan sekarang hampir 5000 desa sudah terbangun, termasuk di Subang,” katanya.

Irman mengatakan, dalam hal ini gagasan dan idenya Budi Setiadi dalam pemberdayaan masyarakat desa sangat membantu pergerakan BP2DK secara nasional.

“Makanya kami menganggap perlu sekali membantu pak Dr. Budi di Subang untuk mengembangkan desa broadband dan desa cerdas,” katanya.

Sekertaris Desa Majasari Kecamatan Cobogo Endang mengatakan dengan adanya BP2DK yang digandeng oleh Budi Setiadi ini sangat membantu sekali untuk informasi desa dan mencerdaskan masyarakat desa.

“Karena selain diwajibkan desa memilik sistem sesuai Undang-undang dengan peraturan Mentri Desa. Dengan program ini desa mampu membangun dirinya dengan mandiri melalui sistem Sideka melalui pemberdayaan masyarakat desa. Jadi desa bisa berdaya berbasis internet,” katanya.

Seperti diketahui paslon Bupati dan Wakil Bupati Subang Dedi J – Budi Setiadi dalam Pilkada Subang 2018 diusung oleh PDI Perjuangan. Di Pilkada paslon Dedi J – Budi Setiadi memilik nomor urut 3.

Comments

Redaksi: KP. Sukarandeg RT 07/04 Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Jawa Barat 41252

Kontak: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - PT Indowarta Xpress Media

To Top