Teknologi

Praktis, Ini Cara Melihat Hilal 1 Ramadhan Lewat Ponsel

Degan kemajuan teknolog, ternyata saat ini tidak hanya lembaga atau orang-orang tertentu saja yang mampu melihat hilal 1 Ramadhan secara langsung. Saat ini semau orang bisa memantau hilal hanya dengan menggunakan ponsel android.

Seperti diketahui, hilal merupakan bulan sabit muda penanda datangnya bulan baru. Hilal digunakan pada pengkalenderan hijriah yang dipakai umat Islam. Setiap akhir bulan selalu dilakukan proses pemantauan untuk melihat apakah hilal sudah terlihat.

Termasuk untuk menentukan bulan suci Ramadhan, beberapa lembaga dan orang-orang tertentu selalu bersiap dibeberapa titik untuk memantau hilal. Jika sudah terlihat berarti awal Ramadhan segera dimulai.

Ternyata berkat kemajuan zaman, saat ini kita juga bisa memantau kondisi dan posisi bulan lewat ponesel pintar. Berikut ini cara melihat hilal 1 ramadhan lewat ponsel android seperti dikutip dari Jalan Tikus. Ternyata sangat gampang kita tinggal mengdonwnload aplikasinya.

1. Star Chart

Star Chart akan mengubah ponsel kamu menjadi sebuah planetarium. Aplikasi ini akan memperlihatkan kamu posisi bintang-bintang dan bulan secara real-time dengan teknologi visual 3D yang memanjakan mata. Cukup nyalakan GPS dan pantau posisi hilal dari ponsel mu.

2. Moon 3D

Moon 3D akan memperlihatkan kamu siklus rotasi bulan secara real-time ke smartphone kamu. Dengan begitu kamu bisa memprediksi posisi hilal sebelum datangnya bulan ramadhan. Keren kan.

3. Sky Map

Sky Map yang awalnya merupakan produk Google ini juga layaknya planetarium berjalan. Akan lebih menarik jika kamu menggunakannya dengan perangkat VR (Virtual Reality). Karena kamu bisa memandang posisi bintang-bintang 360 derajat.

4. SkySafari 5

Aplikasi ini punya grafis yang sangat keren guys. Selain melihat bulan, kamu juga bisa mematau posisi planet-planet diantara rasi bintang yang ada di luar angkasa. Aplikasi ini juga akan memanfaatkan fitur GPS di smartphone kamu, agar posisi bulan lebih presisi.

Comments
To Top