Teknologi

Sepele Tapi Bahaya, Ini yang Bisa Bikin Baterai Ponsel Cepat Rusak

Sudah menjadi hal yang lumrah setiap orang saat ini memiliki ponsel. Terkadang bahkan ponsel bisa menjadi barang yang sering dibawa kemana-mana, sehingga membuat ponsel menjadi barang yang harus selalu ada dimanapun dan kapanpun kita berada.

Akibat terlalu sering menggunakan ponsel tentunya membuat daya tahan baterai ponsel yang kita miliki semakain melemah, bahkan jika kita tidak mengetahui beberapa kiat dan cara merawat baterai, tentunya akan membuat baterai ponsel kita cepat rusak.

Harus dicatat ternyata ada beberapa hal yang sering kita lakukan dan membuat baterai ponsel cepat rusak, Kegiatan ini tentunya harus segera dihindari agar performa baterai ponsel tetap baik. Sehingga Anda tidak usah terlalu sering mengisi ulah baterai ponsel.

Ada beberapa kesalahan pengisian baterai ponsel yang harus hindari. Berikut ini penyebab dan cara untuk menghindari kesalahan tersebut. Sehingga membuat baterai ponsel yang Anda miliki selalu dalam keadaan baik-baik saja.

1. Aplikasi Baterai

Hindari aplikasi baterai yang membantu untuk melacak kinerja baterai ponsel. Hal ini sangat berguna karena kebanyakan dari aplikasi tersebut cenderung memberi tekanan besar pada baterai dan beberapa bahkan memasang iklan.

2. Jangan Abaikan Peringatan Baterai Lemah

Pengguna ponsel cenderung menggunakan smartphonenya sampai dimatikan karena baterai yang rendah. Biasanya peringatan baterai lemah selalu diabaikan. Jika baterai dilepas secara keseluruhan akan melemahkan baterai lithium, maka dianjurkan untuk satu sampai dua kali dalam sebulan melepas baterai untuk melakukan kalibrasi baterai.

3. Jangan Charge Sampai 100%

Kebanyakan orang mengisi daya baterai mencapai 100% karena dianggap penuh dan akan awet. Ternyata pengisian 100% bukanlah pilihan yang baik karena baterai akan terlalu panas sehingga mempengaruhi umur baterai.

4. Mengisi Baterai Semalaman

Ada banyak orang yang meninggalakan smartphonenya terpasang semalaman untuk pengisian baterai. Hal ini seharusnya dihindari karena akan mempengaruhi daya tahan baterai sehingga membuat ponsel menjadi panas. Pastikan untuk menghentikan pengisian apabila sudah cukup terisi.

5. Gunakan Good Quality Charger

Jika baru saja kehilangan charger, maka perlu ekstra hati-hati saat memilih charger yang tepat untuk ponsel. Kebanyakan menggunakan charger pengganti dan tanpa ragu memakai charger untuk ponsel lain. Hal ini harus dihindari karena akan memastikan ponsel tidak terlalu panas.

Jadi, ada lima kesalahan dan cara pengisian daya baterai smarthphone dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pastikan menghindari kesalahan tersebut untuk memperbaiki umur baterai yang dimiliki.

Artikel ini telah terbit di laman pastiseru.com dengan judul artikel Wajib Tahu! Inilah 5 Kesalahan yang Bikin Baterai Handphone Cepat Rusak! Nomor 4, 90% Orang Indonesia Melakukannya!

Comments

Redaksi: KP. Sukarandeg RT 07/04 Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Jawa Barat 41252

Kontak: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - PT Indowarta Xpress Media

To Top