Teknologi

WhatsApp Larang Pengguna Dibawah Umur 16 Tahun, Ini Alasannya

Kabar buruk untuk pengguna WhatsApp dibawah umur 16 tahun yang berada di Eropa. Hal tersebut dikarenakan sebentar lagi WhatsApp akan melarang usia dibawah 16 tahun menggunakan aplikasi mereka.

Kebijakan ini tentunya membuat anak-anak di Eropa tidak bisa lagi menggunakan aplikasi milik Facebook itu. Dengan kebijakan baru ini pengguna baru akan diminta untuk mengkonfirmasi usia mereka saat menerima persyaratan layanan baru dan kebijakan privasi yang diperbarui.

Seperti dikutip dari The Verge, selain melakukan pembaharuan terhadap usia minimum dijadikan syarat untuk menggunakan WhatsApp. Perusahaan juga telah melakukan kebijakan baru lainnya.

Salah satu diantaranya adalah memungkinkan pengguna mengunduh salinan data mereka dari WhatsApp, yang akan berisi kontak mereka dan nomor apa pun yang telah diblokir.

Aturan ini tentunya seperti apa yang dilakukan pada Facebook. Induk perusahaan WhatsApp itu telah membatasi usia minimal bagi penggunannya.

Seperti yang telah dialami Facebook, aturan baru justru akan meminta remaja usia 13 hingga 15 tahun untuk mendapatkan izin orang tua untuk berbagi informasi pribadi di platform. Sehingga mereka akan lebih aman.

Jika mereka tidak mendapatkan izin, mereka akan melihat versi yang lebih umum dari Facebook yang tidak disesuaikan berdasarkan data mereka.

Di wilayah di luar Eropa, usia minimum untuk menggunakan WhatsApp masih 13. GDPR Eropa akan memaksa perusahaan untuk mengikuti permintaan pengguna untuk menghapus data pribadi, dan pada bulan yang mengarah ke penegakan aturan – dan terutama setelah Facebook Pelanggaran data Cambridge Analytica – perusahaan teknologi memikirkan kembali kebijakan retensi data mereka.

Comments
To Top