Tokoh

Siapa Marlene Dietrich yang Muncul di Google Doodle Hari Ini?

Mesin pencari raksasa Google menampilkan sosok perempuan memakai topi khas yang sering dipakai pesulap dengan balutan jas berwarna biru. Dia adalah sosok penyanyi kelahiran Berlin bernama Maria Magdalena Dietrich atau Marlene Dietrich.

Sosok penyi yang lahir pada tahun 1901 ini menyalakan layar perak selama Zaman Keemasan Hollywood. Dietrich meroket dan menjadi orang terkenal di dunia internasional sejak dia muncul dalam peran pelariannya sebagai penyanyi kabaret Lola-Lola dalam gambar pertama Jerman, Der Blaue Engel (1930) dan versi bahasa Inggrisnya, The Blue Angel.

Seperti dikutip dari laman Google Doodle, Aktris tersebut menyeberangi Atlantik segera setelah pemutaran perdana, terus bekerja sama dengan sutradara Blue Angel Josef von Sternberg dalam serangkaian film Hollywood yang berkesan, termasuk Maroko, Shanghai Express, dan The Devil Is a Woman.

Tapi Dietrich lebih dari sekedar femme fatale dengan suara yang tak terlupakan. Sebagai pengambil risiko, dia mengubah gagasan tentang feminitas secara terbalik, mengenakan tuksedo dan topi top di bagiannya sebagai penari klub malam yang gerah di Maroko, dan mengenakan pakaian sutra pria di luar layar.

Pada tahun 1939, dia memikat tentara Perang Dunia II sebagai penghibur USO dan dianugerahi Medali Kebebasan A.S. dan French Légion d’Honneur untuk pekerjaan masa perangnya.

Doodle Dietrich diilustrasikan oleh seniman Sasha Steinberg yang berhasil meraih penampilan tengahnya, cocok dengan tuksedo dan topinya yang gender. Steinberg, yang juga merupakan pemain serigala dengan nama Sasha Velour dan pemenang dari Drag Ras RuPaul (Season 9), menghitung Dietrich sebagai pengaruh besar dalam menciptakan dorongan mengubah ego mereka.

“Dia asli liar!” Kata Velour. “Terlepas dari tekanan saat itu, dia mengikuti jalannya sendiri, terutama dalam hal politik dan gender. Sebagai ratu serigala, itu sangat mengilhami saya. Plus, dia hanya memiliki kekuatan ini untuknya … dalam setiap perannya dia misterius dan kuat, cemerlang. Itulah yang saya inginkan saat saya melangkah di atas panggung. ”

Selamat ulang tahun ke-116, Marlene!

Comments

Redaksi: KP. Sukarandeg RT 07/04 Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Jawa Barat 41252

Kontak: redaksi[@]mediajabar.com

© MEDIAJABAR.com - PT Indowarta Xpress Media

To Top